Berikut terdapat beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan perhiasan emas tanpa merusak lapisan emas dalam perhiasanmu:

 

Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring dapat digunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Mengapa demikian? Karena di dalam sabun cuci piring terkandung senyawa karbonat yang akan mengalami reaksi karbonasi ketika larut dalam air. Reaksi inilah yang akan membantu melepaskan debu dan kotoran pada perhiasan.

Cara membersihkannya cukup mudah, yaitu tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam wadah dan larutkan dengan air hangat atau air mengalir. Rendam hingga kotoran dapat terlepas dengan sendirinya atau sekitar 15 menit. Kemudian gosok dengan menggunakan sikat yang lembut. Jika sudah, bilas perhiasan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut.
source: http://www.sukasaya.com/2015/11/tips-cara-mengembalikan-warna-emas-yang-mulai-kusam.html

 
baca juga

Sabun Bayi

Sabun pada dasarnya berfungsi untuk membersihkan kotoran sehingga sabun dipercaya dapat digunakan untuk membersihkan emas. Maka dari itu sabun bayi dapat digunakan untuk membersihkan emas karena memiliki pH 5,5 dan tidak mengandung deterjen dengan kadar tinggi.

"Sabun dan deterjen bisa membuat karat emas menjadi kusam dan tidak mengkilap," Loretta Castoro, wakil direktur dan agen penjual perhiasan Jewellery Television.
source: http://tekno.kompas.com/read/2010/02/05/16202621/~Beranda~Hobby

Caranya cukup mudah yaitu campurkan air dan beberapa tetes sabun bayi dalam sebuah wadah. Rendam perhiasan di wadah tersebut kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah, gosoklah dengan menggunakan sikat lembut. Setelah digosok maka langkah selanjutnya adalah mencelupkannya ke dalam air hangat untuk membilas residu air sabun yang masih menempel. Setelah bersih dari kotoran, keringkan perhiasan emas dengan menggunakan handuk lembut.

 

source: http://www.jalakata.com/fashion/cara-membersihkan-perhiasan-emas
baca juga

Tips:

  1. Jangan menggunakan air panas untuk melarutkan bahan pembersih. Karena beberapa batu mulia yang menghiasi perhiasan emas dapat mengalami keretakan akibat adanya perubahan suhu yang dihasilkan oleh air panas.
  2. Permukaan sikat yang digunakan untuk menggosok tidak boleh kaku karena dapat mengikis lapisan emas jika perhiasan tersebut mengandung bahan campuran lainnya.
  3. Pastikan sabun yang digunakan memiliki pH netral agar tidak merusak lapisan perhiasan.
  4. Jangan mengeringkan perhiasan dengan bantuan tisu karena pada dasarnya tisu mengandung partikel kayu sehingga rawan menggores perhiasan. Gunakan handuk atau kain lap yang lembut.


Good luck!