In the beauty arsenal, cushion merupakan salah satu alat yang paling ampuh untuk mempercantik penampilanmu secara praktis. Dengan pressed puff yang menyerap formula melalui spons yang lembut, cushion sangat ringan saat diaplikasikan dan memberi coverage sempurna pada wajahmu tanpa meninggalkan kesan cakey. Makanya, cushion sangat praktis dibawa kemana-mana saat kamu butuh quick touch up.

Sayangnya, beberapa produk cushion akan sedikit mengecewakan bagi cewek Indonesia karena shades yang terlalu keputihan. Nah, salah satu Beautynesia Member, Cynda Adyssa, punya tips menarik untuk bikin DIY cushion ini nih. Sekarang Cynda tengah sibuk menjadi seorang beauty content writer dan beauty blogger. Tentunya tips dari Cynda nggak perlu diragukan lagi dong. Right, Beautynesian?

Eits! Sebelum kamu meracik ramuan untuk DIY cushion di rumah, persiapkan dulu alat dan bahan-bahan seperti yang disebutkan oleh Cynda berikut ini!
  • Cushion case
  • Revlon Colorstay Foundation Shade Golden Beige (atau sesuaikan shade dengan warna dasar kulitmu!)
  • Juara Radiance Vitality Oil
  • Etude House Sun-prise All Proof Sunscreen SPF 50 PA+++
  • Bobby pin
Sudah lengkap? Yuk, lihat cara membuatnya!




Step 1
Tuangkan Foundation

First thing first, kamu harus menggunakan foundation dengan shade yang memang cocok dengan undertone kulitmu. Juga, jangan lupa untuk memilih formula foundation untuk jenis kulitmu Kali ini, Cynda menggunakan Revlon Colorstay Foundation Shade Golden Beige, sesuai warna kulitnya. Tuangkan foundation ke dalam cushion case. Jangan terlalu banyak yah, secukupnya saja. Kira-kira sampai permukaan wadah cushion bisa tertutupi secara merata.

baca juga




Step 2
Teteskan Face Oil

Supaya tekstur cushion lebih cair, kamu perlu menambahkan sedikit face oil. Cukup teteskan sekitar 2-3 tetes saja ke dalam ramuan foundation-mu. Kamu boleh menggunakan minyak wajah yang lain, tapi kali ini Cynda lebih prefer untuk menggunakan Juara Radiance Vitality Oil. Tapi sebenarnya kamu bebas memilih merk apa saja asalkan kamu pastikan cocok dengan tipe kulitmu.




Step 3
Tambahkan Sunblock

Setelah racikan foundation, tentunya kamu juga memerlukan perlindungan dari matahari untuk cushion sehari-hari. Karena itu, Cynda menambahkan SPF dari Etude House Sun-prise All Proof Sunscreen SPF 50 PA+++. Kamu boleh kok mengganti merk SPF sesuai dengan kecocokan kulit. Usahakan menggunakan tingkat perlindungan SPF yang tinggi supaya kamu tetap terlindungi sepanjang hari yah!

baca juga




Step 4
Mix it!

Foundation? Check. Face Oil? Check. SPF? Check. Now let's mix it! Cynda memanfaatkan bobby pin untuk mengaduk formula cushion buatannya. Selain bobby pin,  kamu juga bisa menggunakan cotton bud atau tusuk gigi kamu pergunakan untuk mengaduk ini. Ingat, jangan kontak langsung dengan tangan yah, biar higienis!




Step 5
Tutup dan Tekan Cushion

Ini dia last step yang udah nggak sabar ditunggu-tunggu! Sebanarnya sangat simpel, tutup formula dengan spons cushion dan tekan-tekan sampai fomula foundation tampak pada permukaan spons cushion. Then, let;s try it yourself!




Voila!

It's finished! Sekarang DIY cushion buatanmu nggak kalah dengan branded cushion lainnya. Juga, sudah pasti cocok untuk tone dan jenis kulitmu. Gunakan aplikator spons yang lembut untuk mengaplikasikan cushion pada kulit agar hasilnya bisa lebih mulus dan rata di wajahmu. Gimana, Beautynesian? Mudah kan?

Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih detail tentang pembuatan DIY cushion ini, silahkan kunjungi youtube channel Cynda Adissa dan simak video tutorial di bawah ini!


Well, mulai tertarik untuk mengintip beauty tips lainnya dari Cynda? Langsung aja follow beberapa social media-nya yang ada di bawah ini dan kenal lebih dekat dengannya!

Youtube: Cynda Adissa Lianita
Instagram: cyndaadissa
Blog: www.cyndaadissa.com