Apa sih bahan kulit suede itu? Beberapa orang mengatakan bahan kulit suede adalah bahan beludru. Namun ini tidak sepenuhnya benar. Tekstur bahan suede memang halus seperti beludru namun tidak semua bahan beludru terbuat dari kulit suede. Kulit suede diambil dari kulit bagian dalam hewan yang lapisannya dekat dengan daging. Karena kulit bagian dalam memiliki tekstur yang tipis membuat kulit jenis ini lebih rentan mengalami kerusakan. Namun walaupun begitu kulit suede tetap menjadi favorit produsen sepatu karena permukaannya yang lembut dan warnanya yang beragam.

source: http://www.giorgioagnelli.com/id/detailblog/125-tips-merawat-tas-kulit-berdasarkan-jenis-kulitnya
Sebelum memutuskan memiliki sepatu dengan bahan kulit suede, lebih baik ketahui terlebih dahulu bagaimana cara merawatnya terutama jika terkena percikan noda mengingat bahan jenis ini mudah sekali rusak. Sayang banget kan kalau sepatu kamu jadi rusak karena salah dalam merawat dan membersihkannya.

 

Menghilangkan noda kotor

Bila ada kotoran atau noda kotor pada sepatu berbahan kulit suede maka segera bersihkan dengan menggunakan sikat khusus untuk kulit suede. Sikat khusus untuk kulit suede ini memiliki tekstur yang halus sehingga tidak akan merusak permukaan kulit. Gosok sikat tersebut mengikuti arah serat bahan kulit. Namun jika permukaan kulit sudah kasar maka gosok dengan arah maju mundur supaya serat - serat yang lepas dapat hilang.

source: https://www.theshoesnob.com/products/suede-brush

Karena kulit suede cukup sensitif terhadap air maka apabila hanya terkena noda kotor saja  cukup bersihkan sepatu dalam kondisi kering. Namun jika ingin lebih efektif lagi maka gunakan bersamaan dengan pembersih khusus untuk kulit suede, seperti Kiwi Suede and Nubuck Foam Cleaner.

 

baca juga
source: http://www.tesco.com/groceries/product/details/?id=257972492

Ada cara yang lebih sederhana lagi untuk membersihkan noda pada kulit suede, yaitu dengan menggunakan bantuan pengapus pensil. Namun dengan catatan noda pada kulit tidak terlalu besar dan penghapus yang digunakan juga masih bersih yah. Jangan sampai menggunakan penghapus yang sudah kotor karena justru akan semakin memperparah noda pada kulit. Cukup gosok penghapus pada permukaan kulit yang terkena noda dengan sedikit tekanan.

 

Menghilangkan noda membandel

Jika noda yang terkena sepatu tetap tidak bisa hilang dengan cara - cara yang sudah dijelaskan sebelumnya maka itu tandanya noda tersebut cukup membandel. Noda yang membandel perlu dibersihkan dengan cara khusus bergantung dengan darimana noda tersebut berasal.

Jika berasal dari makanan, minuman atau apapun yang mengandung garam maka perlu dibersihkan dengan bantuan cuka putih. Cukup teteskan cuka pada permukaan noda dan gosok menggunakan handuk lembut. Jika sudah mengering, dapat digosok kembali menggunakan sikat khusus untuk kulit suede.

source: http://www.kiat-sehat.com/cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami-dan-cepat/

Noda lain yang juga cukup sulit dihilangkan adalah noda yang berasal dari minyak. Jika noda minyak masih belum mengering maka taburkan tepung jagung atau maizena pada permukaan noda. Diamkan semalaman dan barulah keesokan harinya digosok menggunakan sikat khusus untuk kulit suede. Namun berbeda lagi jika noda minyak sudah mengering. Cara pertama untuk membersihkan adalah menggosoknya dengan menggunakan sikat khusus untuk kulit suede. Jika sudah, gosok kembali dengan sikat kuku dan air hangat.

 

baca juga
source: https://id.aliexpress.com/store/product/Nail-Brush-Brushes-Nail-polish-gel-art-Paint-Design-Pen-Tools-brushes-for-manicure/1835138_32372061252.html

Jika kulit suede terkena noda darah maka bersihkan dengan bantuan hidrogen peroksida atau ammonia yang sudah dicampur air dengan perbandingan 1:5. Teteskan campuran tersebut ke atas permukaan handuk lembut kemudian gosok sepatu dengan menggunakan handuk tersebut. Jika noda sudah hilang maka saatnya menghilangkan residu campuran tersebut dengan menggunakan air.

source: http://ditjenbun.pertanian.go.id/bbpptpsurabaya/berita-917-uji-hidrogen-peroksida-h2o2-sebagai--salah-satu-alternatif-uji-cepat-viabilitas-benih.html

Selanjutnya bagaimana jika noda tersebut berasal dari tinta? Segera ambil handuk dan handuk untuk menyerap tinta. Namun jika tinta sudah terlanjur mengering maka gunakan bantuan alkohol atau cuka putih. Basahi handuk dengan alkohol atau cuka putih tersebut dan gosok di permukaan noda.


 

Menghilangkan noda air

Air dapat memudarkan warna kulit suede sehingga jika sepatu terkena air maka lebih baik basahi seluruh bagian sepatu. Berarti akan pudar di seluruh bagian dong? Ya, ada kemungkinan begitu. Namun ini lebih baik daripada hanya membiarkan beberapa bagian saja yang basah karena akan menimbulkan bercak pudar yang tidak merata.

Sebelum membasahi sepatu maka masukkan gumpalan kertas ke dalam sepatu untuk menjaga bentuk sepatu agar tidak berubah dan untuk menyerap air di bagian dalam sepatu. Namun jangan gunakan kertas koran atau kertas apapun yang mengandung tinta karena tinta dapat luntur dan mengotori sepatu.

Jika sudah dibasahi maka gunakan spons atau handuk lembut yang kering untuk menyerap air pada permukaan luar sepatu. Selanjutnya biarkan sepatu mengering semalam. Usahakan berada di ruangan yang memiliki kondisi udara baik agar sepatu tidak menjadi lembab. Jika sudah benar - benar mengering maka gosok permukaa sepatu dengan menggunakan sikat khusus untuk kulit suede agar serat kulit kembali pada posisinya.

 


Tips

Pernah dengar pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati? Nah pepatah itu cukup berlaku pada perawatan kulit suede. Bila kamu sering menggunakan sepatu suede milikmu maka jangan lupa memberikan perlindungan supaya kondisi kulit suede tetap terjaga dan tidak mudah kotor. Gunakan suede protector dan semprotkan ke atas permukaan kulit suede secara merata dan teratur.
source: http://fashionpria.com/tips/cara-merawat-dan-membersihkan-sepatu-berbahan-suede