Alasan Mengapa Kamu Harus Cuci Wajah Hanya dengan Air

Lapisan atas dari kulitmu adalah lapisan yang paling dibutuhkan untuk menjaga kelembapan yang ada pada kulit bagian dalam. Kadar pH pada kulit manusia secara alamiah, normalnya bersifat asam sekitar angka 4-6. Akan tetapi,  lingkungan di dalam kulit memiliki kadar pH yang mendekati netral yakni antara angka 7-8. Artinya,  ada perbedaan sekitar 2-3 angka kadar pH antara lapisan kulit teratas dan bawah. 

Yang banyak orang tidak ketahui adalah fakta bahwa kelembapan kulit seseorang tidak berasal dari luar hanya dengan melembapkan kulit menggunakan moisturizer. Faktanya,  kelembapan tersebut berasal dari dalam kulit. Moisturizer yang kamu gunakan hanya mengunci kadar air yang berasal dari dalam kulit.

Makanya, lapisan teratas kulit sangat memiliki peran penting. Namun, ketika kamu melakukan scrubbing pada kulit, atau menyabuninya dengan sabun dan foam, lapisan teratas kulitmu akan terangkat atau dapat rusak. Maka, hal itulah yang menjadi alasan kenapa kamu harus mencuci wajahmu dengan air saja.  

source: https://fthmb.tqn.com/

Berdasarkan pengalaman seorang beauty editor Style Caster bernama Agusta Falleta, ia telah mencoba hanya menggunakan air untuk mencuci wajahnya. Dan, hal inilah yang akan terjadi setelah 21 hari dia mempraktekkannya. 

source: http://stylecaster.com/beauty/what-happens-when-you-stop-washing-your-face/

Wajah Agusta Falleta di hari ke-15 mencuci wajah tanpa sabun


Wajah Tidak Mengalami Breakout

Meski tak menggunakan sabun, permukaan kulit wajah juga dapat dibersihkan. Hanya saja, tanpa sabun, kulit wajah bisa jadi rentan terhadap bakteri pada wajah. Sehingga, akan lebih baik mencuci wajah dengan perantara seperti kain waslap untuk menghindari kontak bakteri dengan minyak wajah yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.


Perubahan Tekstur Wajah
Karena kulit tak terkena kontak dengan facial foam dan cleanser selama 21 hari, permukaan kulit menjadi sedikit menebal. Sehingga, jika kulitmu tergolong normal cenderung kering, beberapa area wajah tentu akan menjadi kering tanpa dibantu moisturizer yang biasa terkandung dalam facial foam maupun cleanser.
 



Kesimpulan

Setelah Agusta Falleta mencoba untuk mencuci wajahnya hanya dengan air, ia menyadari kulitnya sama sekali tidak mengalami breakout. Serta, jerawat pun dengan cepat kempes dengan mudah hanya dalam waktu dua hari saja. Dia pun menyadari bahwa kulit wajah hanya memerlukan eksfoliator saja  yang dipakai 2 kali seminggu  untuk memperbarui tekstur kulit lapisan atas saja.

Nah, apakah kamu mau mencoba membersihkan wajah hanya dengan air saja? Share your thoughts below on comment!