Beberapa faktor seperti masalah kesehatan, perubahan hormon, dan kurangnya nutrisi bisa menjadi penyebab mengapa kukumu nggak tumbuh-tumbuh. Selain itu, kuku yang pertumbuhannya kurang baik, bisa menjadi lebih mudah rapuh, rusak, patah dan lain-lain. Padahal, dengan kuku panjang yang sehat kamu bisa berkreasi dengan cat kuku dan macam-macam nail arts, kan? So, mantaining nails is pretty important!  Untungnya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan di rumah seperti di bawah ini untuk memperbaiki pertumbuhan kuku.
 

source: http://www.spiritualage.org/natural-remedies.aspx


Minyak Zaitun 

Minyak zaitun bisa meresap dalam ke kulit dan kukumu sehingga dapat menutrisi dengan baik. Selain itu, vitamin E-nya bisa memperlancar peredaran darah dan memperbaiki kuku yang rusak sehingga menjadi lebih kuat.

Cara penggunaan:
Setiap hari sebelum tidur,  pijat kuku dan kutikulamu dengan menggunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan atau kamu bisa merendam kukumu dakam minyak zaitun hangat selama 15-30 menit setiap hari demi hasil kuku yang panjang dan sehat.


baca juga



Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga memiliki khasiat yang nggak kalah penting. Selain dapat menutrisi, memperkuat, dan menjaga kelembapan kuku, minyak kelapa bisa menyembuhkan bintil kuku, infeksi kutikula dan jamur kuku.

Cara penggunaan:
Pijat kuku dan tangan dengan menggunakan minyak kelapa extra-virgin setiap hari sebelum tidur dengan gerakan memutar. Atau jika kamu mau merendam kuku, kamu bisa siapkan ramuan minyak kelapa yang dicampur dengan madu dan wangi rosemary lalu hangatkan selama 20 menit dan rendam jarimu selama kurang lebih 15 menit. Easy, kan?




Jus Jeruk

Wah ternyata nggak cuma diminum aja, tapi kamu juga bisa menggunakan minuman segar ini untuk merawat kukumu. Vitamin C yang dikandungnya mempercepat produksi kolagen dan menjaga kesehatan kuku. Sedangkan untuk memanjangkan kuku, asam folat pada jeruk akan sangat bermanfaat buatmu!

Cara penggunaan:
Rendam kukumu dalam jus jeruk yang masih segar selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat dan berikann pelembap setelah mengeringkannya. Lakukan tips ini setiap hari sampai kamu merasakan manfaatnya.


baca juga



Biotin

Vitamin biotin ini biasa digunakan untuk pertumbuhan rambut. Namun, tentu juga bisa digunakan untuk perawatan kukumu. Biotin ini juga dikenal sebagai vitamin H yang juga dapat membantu pertumbuhan kuku. Kamu bisa mendapatkan kandungan biotin dari makanan seperti telur, gandum, wortel, tomat, ikan salmon, susu kedelai, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin setelah konsultasi pada dokter terlebih dahulu.




 

source: http://vkool.com/home-remedies-for-brittle-nails/

Enjoy!