Serum

Bersihkan wajah dengan baik, lalu oleskan serum secara merata ke seluruh bagian wajah, terlebih bagian yang berjerawat. Fungsi serum adalah menutrisi kulit, sehingga jerawat dapat pulih lebih cepat.
Serum merupakan zat cair yang kandungannya sebagian besar terdiri dari asam amino, air dan emulsi dengan tambahan zat-zat aktif lainnya sehingga bisa meresap ke dalam lapisan kulit terdalam. Anda bisa meneteskan beberapa tetes serum ke telapak tangan, lalu usapkan secara merata ke seluruh bagian wajah.
source: http://ciricara.com/2013/06/04/cara-make-up-untuk-menutupi-jerawat/

Face Primer

Face primer penting untuk digunakan sebelum menggunakan make up lainnya. Fungsinya adalah untuk meratakan warna kulit, menyamarkan noda merah pada wajah akibat jerawat, menyamarkan pori-pori yang besar, dan membuat make up bertahan lebih lama.
source: http://dfemale.com/wp-content/uploads/2014/12/best-makeup-for-acne-prone-skin-with-good-coverage.jpg&imgrefurl=http://dfemale.com/foundation-best-makeup-acne-prone-skin/best-makeup-for-acne-prone-skin-with-good-coverage/&h=714&w=575&tbnid=lP5W0o8ZKQllPM:&zoom=1&docid=N5zc7NKLOPEACM&ei=vK4cVeHKAdeTuASDvoG4Bw&tbm=isch&ved=0CCEQMygHMAc
Untuk Anda yang memiliki wajah berjerawat, pilihlah primer yang mengandung SPF. Terpapar sinar matahari ternyata bisa membuat flek hitam bekas jerawat sulit memudar. Untuk yang memiliki kulit berminyak, pilihlah primer yang oil-free dan dan bertekstur ringan. Karena face primer yang berbasis minyak akan membuat alas bedak dan bedak terlihat belepotan dalam beberapa jam.
source: http://www.merdeka.com/gaya/tips-make-up-untuk-wajah-berjerawat.html

Concealer

Hilangkan bekas jerawat atau warna kulit yang tidak merata dengan menggunakan concealer. Beberapa jenis concealer sudah diformulasikan khusus sehingga aman untuk digunakan pada kulit yang tengah berjerawat. Pilih oil-free concealer sehingga tidak menyebabkan jerawat bertambah parah.
source: http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://imworld.aufeminin.com/dossiers/D20121025/concealer-neu-172930_L.jpg&imgrefurl=http://www.gofeminin.de/make-up/concealer-d44709c525928.html&h=440&w=684&tbnid=Gd2D2jGVH7W1JM:&zoom=1&docid=y5lQ5Ql-M02gTM&ei=hK8cVbeSDsSLuASCzoCoCA&tbm=isch&ved=0CDIQMygDMAM
Berikan perhatian ekstra terhadap bintik-bintik dan bekas kemerahan akibat jerawat pada wajah dengan memakaikan concealer. Sebaiknya, pakai concealer dengan warna satu kali lebih terang dari warna kulit wajah Anda agar dapat menutupi bekas jerawat. Namun, pastikan concealer yang Anda pakai adalah concealer yang bebas minyak karena minyak dapat memicu jerawat. Concealer dengan warna kuning atau hijau cocok untuk kulit wajah Anda yang berjerawat.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/01/29/112507/1828359/234/cara-aman-pakai-make-up-untuk-kulit-berjerawat
Satu hal yang perlu dicatat. Jangan menggunakan foundation untuk menutupi bekas jerawat. Coba concealer yang punya hasil akhir lebih baik untuk bekas jerawat. Pilih juga yang warnanya satu tingkat lebih cerah dari kulit wajah. Dengan pemakaian concealer, kamu bisa menyimpan foundationmu dan gunakan saat bekas jerawat sudah hilang.
source: http://www.fimela.com/beauty-health/cuma-butuh-5-menit-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat-di-wajah-150324t-page2.html
source: http://www.fimela.com/beauty-health/cuma-butuh-5-menit-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat-di-wajah-150324t-page3.html
Jangan aplikasikan concealer dengan jari. Untuk hasil yang lebih merata coba gunakan kuas berujung lancip yang mirip dengan kuas cat air.
source: http://www.fimela.com/beauty-health/cuma-butuh-5-menit-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat-di-wajah-150324t-page3.html

BB Cream

Sebagai pengganti foundation, kamu bisa menggunakan BB cream untuk digunakan saat kulit kamu berjerawat. Karena, BB cream mengandung zat yang bisa merawat kulit atau skincare, sekaligus sebagai dasar make up.
source: http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.bestbbcreams.co.uk/wp-content/uploads/2013/02/bb_cream_giveaway.jpg&imgrefurl=http://www.bestbbcreams.co.uk/blog/which-is-the-best-bb-cream/&h=400&w=930&tbnid=VaucIlsAsmch7M:&zoom=1&docid=Ra236GMnKre61M&ei=_a8cVZ3HJJCVuASEzIG4CQ&tbm=isch&ved=0CDAQMygBMAE
Blemish Balm cream atau BB cream menjadi sangat populer di dunia kecantikan. Krim semi foundation ini bisa Anda pakai setelah memakai serum untuk menutupi jerawat di wajah. Bukan hanya itu saja, BB cream juga untuk merawat kulit karena mengandung moisturizer dan SPF.
source: http://ciricara.com/2013/06/04/cara-make-up-untuk-menutupi-jerawat/

Loose Powder

Saat kulit berjerawat, penggunaan make up yang terlalu berat bisa memperparah jerawat. Untuk bedak, pilih bedak tabur atau loose powder yang teksturnya lebih ringan ketimbang two-way cake yang mengandung foundation.
source: http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://makeupforlife.net/wp-content/uploads/2010/12/loose-powder.jpg&imgrefurl=http://makeupforlife.net/2007/11/loose-powders-vs-pressed-powders-vs-two-way-cakes.html&h=332&w=389&tbnid=0SNvQWuBdyKjwM:&zoom=1&docid=3ljxLUSjjOPmNM&ei=SbAcVbaTGc_IuATwgoJA&tbm=isch&ved=0CC8QMygAMAA
Pemakaian two-way cake atau foundation powder akan membuat permukaan di atas bekas jerawat jadi terlalu tebal dan akan terlihat sangat tidak natural. Jadi, loose powder adalah jawaban tepat untuk make up yang lebih alami.
source: http://www.fimela.com/beauty-health/cuma-butuh-5-menit-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat-di-wajah-150324t-page4.html

Make Up yang Mengandung Salicylic Acid

Hati-hati, sembarang memilih produk bisa memperparah jerawat kamu, lho. Sebelum membeli, pastikan kamu memperhatikan kandungan make up. Pilih make up yang mengandung Salicylic Acid. Selain mempercantik, make up yang mengandung Salicylic Acid juga bisa mengatasi jerawat.
Jika Anda tidak hanya ingin menyembunyikan jerawat, tapi juga merawatnya, make-up dengan kandungan mineral cenderung aman untuk digunakan pada wajah Anda. Pilih produk make-up yang bisa menghilangkan minyak dan bakteri penyebab jerawat. Produk tersebut biasanya mengandung salicylic acid dan terkandung di beberapa jenis concealer dan foundation. Salicylic acid juga dapat mengurangi bekas jerawat dan menyembuhkan kulit yang teriritasi, sehingga kulit wajah Anda dapat kembali bersih dan bersinar.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/01/29/112507/1828359/234/cara-aman-pakai-make-up-untuk-kulit-berjerawat
Simak video tutorialnya di sini:
youtube:ex33wtqnNz8
source: https://www.youtube.com/watch?v=ex33wtqnNz8
Acne Foundation Routine for Cystic, Scaring, Oil and Blackheads | Cassandra Bankson