Sebelum beautynesian.id membahas lebih jauh bahan-bahan apa saja yang bisa memutihkan gigi, ada baiknya kamu ketahui dulu sebabnya kenapa gigi mu terlihat kuning. Jadi, seharusnya gigi kamu terlapis dengan lapisan email gigi yang biasanya berwarna putih. Tapi setelah lapisan itu juga terdapat lapisan lebih dalam yang disebut dentin yang berwarna kuning. Nah, karena itu, kalau gigimu cenderung berwarana kuning, tandanya lapisan email gigimu telah menipis.

Menipisnya email gigi ini bisa juga disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk seperti merokok, jarang menyikat gigi atau sering mengonsumsi minuman teh dan kopi.

Sudah tahu penyebabnya? Yuk, lihat bahan-bahan apa yang bisa memutihkan gigimu!



1. Baking Soda

Baking soda memiliki zat pemutih yang efektif untuk menutupi gigi kuning. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencampur satu sendok penuh baking soda dengan pasta gigimu, lalu gosok gigi seperti biasa. Lalu berkumurlah dengan air hangat. Lakukan cara ini selama dua kali seminggu dan kamu akan lihat hasilnya. Oh iya, tanpa pasta gigi, kamu juga bisa menggosokan gigi hanya dengan baking soda lho! Simpel kan?

baca juga



2. Garam

Sama seperti baking soda, ternyata garam adalah salah satu bahan dapur yang juga bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya sama persis seperti menggunakan baking soda. Cukup campurkan pasta gigi dan garam dalam satu sendok teh lalu gosok gigimu menggunakan campuran tersebut. Kamu bisa menggunakan garam setiap menyikat gigi sampai terlihat hasilnya. Garam tidak hanya bisa membantumu mengembalikan kandungan mineral dari gigi, tapi juga membuatnya putih dan cerah.



3. Kulit Pisang 

kulit pisang kaya dengan kandungan mineral seperti potasium, magnesium, dan manggan yang bisa memutihkan gigi. Caranya gampang, cukup ambil kulit pisang dan gosokkan ke gigi selama 2-3 menit kemudian gosok gigimu dengan pasta gigi biasa. Lakukan rutin selama dua kali sehari sampai kamu melihat perubahan warna pada gigi.

baca juga



4. Wortel

Yap, bahkan wortel bisa kamu gunakan untuk memutihkan gigi! Buat kamu yang nggak suka wortel, tenang, wortelnya nggak perlu dimakan kok. Kamu hanya perlu memotong wortel menjadi beberapa bagian dan mencelupkannya ke dalam perasan lemon sebelum menggosokkannya ke gigi. Diamkan cairan dari wortel dan perasan lemon selama 3-5 menit sebelum kamu berkumur. Lakukan sekali sehari. Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk email gigi sehingga dapat mengembalikan gigi putihmu.



5. Stroberi

Yas! Strawberries! Beruntung banget buat kamu yang emang doyan makan stoberi, kamu bisa membuat pasta gigi dari stroberi sendiri kali ini. Gosokkan pasta stoberi secara lembut ke gigimu dan diamkan selama 3-5 menit lalu sikat gigi seperti biasa. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur dan dalam 10 hari dijamin kamu bakal melihat hasilnya. Stroberi kaya akan vitamin C yang bakalan bikin gigi kamu menjadi lebih putih, cerah, dan cantik!



Selamat Mencoba!
 

source: https://www.shutterstock.com/video/clip-3615863-stock-footage-young-beautiful-woman-brushing-teeth-with-a-tooth-brush-in-bathroom.html?src=same_model/3615854:3