source: http://i.huffpost.com/

You can be beautiful with your makeup. Tapi yang perlu kamu tahu, tak semua produk kosmetik yang kamu ketahui aman, ternyata memiliki efek samping pada tubuh. Sebab, masih ada beberapa kasus dimana kosmetik menimbulkan efek samping pada sebagian orang. 

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pada banyak kosmetik yang diproduksi di seluruh dunia mengandung bahan karsinogenik, agen yang diketahui membawa dampak buruk yang menyebabkan kanker.

 

source: http://behindthescenesmakeup.com



Sebaiknya, Lakukan Patch Test untuk Tahu Kondisi Kulitmu

Perlu kamu tahu, beberapa jenis pewangi maupun pengawet yang ditambahkan pada kosmetik, reaksi efek samping seperti alergi kulit, atau dermatitis alergi dapat muncul pada sebagian orang. Sebab, kandungan pewangi dan pengawet dapat meyebabkan iritasi dan ruam, dimana produk tersebut diaplikasikan pada kulit.

Orang yang memiliki alergi terhadap beberapa zat, atau mencoba produk yang mengiritasi kulit sebaiknya dapat melakukan patch test terlebih dahulu pada dokter maupu ahli kulit. Patch test dilakukan dengan cara menerapkan berbagai bahan kimia yang berbeda pada kulit dalam jumlah kecil. kemudian mengamati selama beberapa hari untuk melihat reaksi yang ditimbulkan pada kulit.

Jika sudah mengetahui hasilnya, konsumen produk kosmetik akan dapat menghindari bahan kimia yang tertera di label kemasan kosmetik yang dapat menyebabkan alergi. Beberapa orang  yang telah mengalami tes ini juga akan menemukan bahwa ia ternyata tidak benar-benar alergi, hanya mengalami iritasi kulit pada bahan kosmetik tertentu yang dikenal sebagai irritant dermatitis, kondisi dimana kosmetik dapat merusak lapisan terluar kulit.
 

baca juga
source: http://netdoctor.cdnds.net



Deep Cleansing dan Eksfoliator Membuat Kulit Rentan

Produk eksfoliasi seperti deep cleansing atau skin peel juga dapat menyebabkan kerusakan kulit jika setelah menggunakannya, kamu malah terpapar sinar matahari yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena sifat produk yang menghilangkan lapisan teratas kulit, yang merupakan lapisan pelindung. Selain itu, scrubbing atau mencuci wajah secara berlebihan dapat menghilangkan lapisan minyak kulit yang sebenarnya dapat melindungi kulitmu.

source: http://cdn.skim.gs/



Paraben yang Banyak Terdapat Pada Deodoran

Juga, beberapa bahan kosmetik diduga mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping yang serius. Sebuah studi terkini yang telah dipublikasikan menyatakan bahwa beberapa produk deodoran dapat memicu kanker payudara. Studi tersebut secara khusus mengarah pada paraben, bahan kimia yang sering terdapat pada deodoran dan anti-prespirant sebagai pengawet. Paraben pun ditemukan pada jaringan kanker payudara.
 

baca juga
source: http://www.livin3.com


However, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih  produk kosmetik yang tepat untuk kulit, dan terlebih lagi, tidak menimbulkan risiko kesehatan yang berjangka panjang. Jangan lupa untuk membaca kembali label kemasan produk kecantikan tersebut dan memahami kembali sifat-sifat produk kecantikan yang terkandung di dalamnya.