Tanda Kulitmu Tergolong Jenis Kulit Kombinasi
source: http://cdn2.stylecraze.com

Coba deh letakkan tisu pada wajahmu. Jika tisu tersebut terdapat minya pada area T-zone (dahi, hidung, dan dagu), artinya kamu memiliki jenis kulit kombinasi. Jika kamu belum yakin, lakukan hal tersebut setidaknya setelah 1 atau 2 jam setelah mencuci muka dan tidak mengaplikasikan makeup lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil pengamatan wajah yang terbaik.


 

Cara Merawat Kulit Kombinasi

baca juga

1. Stop Menggunakan Sabun


Hentikan penggunaan sabun untuk cuci muka. Sebab, sabun akan membuat wajahmu kering dan juga dapat membuat iritasi, yang dapat membuat permasalahan kulitmu semakin parah. Kamu bisa menggantinya dengan cleanser lembut yang sesuai dengan jenis kulitmu. Atau, kamu juga bisa menggunakan madu dan susu sebagai cleanser alami untuk membersihkan wajah.


 

2. Lakukan Rutinitas CTM (Cleansing, Toning, Moisturizing)


Cleansing, Toning, and Moisturizing (CTM) adalah hal yang nggak boleh kamu lewatkan sedikitpun. Percaya deh, dengan rutin melakukan CTM, wajahmu akan semakin flawless. Sebab, rutinitas tersebut dapat membuat skin tone lebih baik dan mencegah masalah kulitmu yang bisa jadi berkelanjutan.


 

baca juga

3. Menggunakan Toner


Menggunakan toner sangat dianjurkan bagi yang memiliki tipe kulit kombinasi, maupun berminyak. Sebab, dapat membuat kondisi kulit menjadi lebih seimbang dengan membuang sisa pembersih. Dan juga sekaligus mengecilkan pori-pori yang menyebabkan kotoran mudah masuk.


 

4. Sering Menggunakan Moisturizer


Untuk tipe kulit kombinasi, kamu memerlukan moisturizer yang dapat melembapkan area kering, juga dapat membuat matte area wajah yang berminyak. Maka dari itu, pilihlah moisturizer berbahan dasar gel, atau gel-cream moisturizer untuk menyeimbangkan keadaan kulitmu.


 

5. Pakai Sunscreen Sebelum Keluar


Kamu tak boleh melupakan penggunaan suncreen saat pergi ke luar ruangan. Sunscreen akan berguna sebagai perlindungan untuk kulitmu. Akan lebih baik jika kamu memilih sunscreen yang sesuia dengan jenis kulit kombinasimu. Jadi, pastikan mengecek produknya sebelum membeli ya!


 

6. Rutin Menggunakan Cleanser Sebelum Tidur


Setelah seharian di luar rumah, kulit wajahmu yang lelah juga butuh dibersihkan.  Terutama, sesaat sebelum kamu tidur. Jangan membiarkan makeup bertengger di wajahmu semalaman karena akan menutup pori-pori kulitmu. Gunakan cleanser yang lembut untuk kulitmu dan jangan lupa melakukan CTM. 


 

7. Menggunakan Krim Malam


Supaya kulit kombinasimu lebih terawat, setiap sebelum tidur, rutinlah menggunakan krim malam. Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki dan melembapkan kulitmu selagi membuat kulitmu tampak glowing di pagi hari setelah semalaman menyerap nutrisi dan vitamin pada krim malammu. Oh iya, ini juga berfungsi sebagai langkah mencegah penuaan, lho!


 

8. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin


Jika kamu perlu menyingkirkan komedo, blackheads, maupun kulit mati,kamu perlu untuk melakukan eksfoliasi. Selain membersihkan, eksfoliasi juga berguna menstimulasi peredaran darah dan membuat kulit lebih mulus. Eksfoliasi bertujuan untuk membuka pori-pori dan membuat kulitmu lebih bernapas untuk menyerap semua nutrisi pada krim malam, masker, maupun moisturizer.


 

9. Rajin Menggunakan Face Pack atau Sheet Mask


Kulit kombinasi justru membutuhkan acara maskeran rutin untuk membuat kulit lebih glowing dan nggak kusam. Jika perlu, kamu juga boleh maskeran menggunakan bahan natural untuk membantu merevitalisasi kulit. Oh iya, nggak ada salahnya jika kamu ingin melakukan multi-masking yang langsung menyelesaikan problem kulitmu dengan jenis masker yang tepat di beberapa area wajah tertentu.


 

10. Tidak Keseringan Memegang Wajah


Terakhir dan nggak kalah pentingnya, jangan keseringan memegang wajahmu! Tanganmu adalah sumber bakteri yang dapat memberi efek buruk pada kulit wajahmu. Apalagi memencet jerawat, it's a big NO! Hal tersebut hanya akan membuat minyak wajah keluar lebih banyak dan membuat ukuran pori-pori menjadi lebih besar.

Good luck, Beautynesian!
 

source: https://wolipop.detik.com/read/2010/05/11/093649/1354953/234/tips-wajah-halus-bebas-komedo-putih