1. Cuci Kaki Secara Rutin


Saat beraktivitas tentunya kaki akan sangat mudah berkeringat dan kotor. Hal ini menyebabkan bakteri penyebab gatal dan bau cepat berkembang. Setidaknya, biasakan untuk mencuci kaki 2x sehari saat sebelum dan sesudah beraktivitas. Gunakan sabun anti-bakteri dan bilas dengan air hangat. Jangan sampai air terlalu panas karena akan menghilangkan natural oil pada kulit yang lalu menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Keringkan secara teliti hingga ke sela-sela jari dengan handuk lembut.

source: http://khoobsurati.com/5-amazing-foot-care-tips.html



 

baca juga

2. Exfoliate 2x Seminggu


Kulit pada tumit kaki lebih tebal dibandingkan bagian lainnya. Scrubbing sangat dibutuhkan untuk mengangkat kulit mati pada telapak kaki agar kulit kaki tetap terasa lembut dan putih bersih. Sebelumnya, rendam kaki ke dalam air hangat selama 10 menit. Gunakan sikat lembut atau batu khusus untuk menggosok kaki dan gosok dengan arah memutar. Setelahnya, bilas dengan air dingin lalu keringkan. Scrub pun dapat dibuat sendiri dengan mencampurkan gula dan baby oil

source: http://www.onegoodthingbyjillee.com/2012/09/exfoliation-its-for-more-than-just-your-face.html



 

3. Gunakan Moisturizer


Aplikasikan pelembab kaki atau foot cream pada kaki setiap hari untuk menghindari kulit kaki pecah-pecah. Sebelum tidur adalah bagian yang paling penting karena kaki tidak akan beraktivitas banyak pada saat tidur. Aplikasikan cream dengan arah memutar lalu pijat perlahan untuk merenggangkan otot selama 10 menit. Hindari mengaplikasikan terlalu banyak cream diantara sela-sela jari kaki. Dapat juga memanfaatkan essential oils atau cocoa butter. Bahan alami ini akan memberikan rileksasi yang tidak dapat kamu peroleh dari produk sudah jadi.

source: http://www.enki-village.com/skin-peeling-between-toes.html



 

baca juga

4. Potong Kuku Jari Kaki


Kuku jari kaki harus digunting secara rutin untuk mempertahankan kekuatan dan kesehatannya. Kuku yang terlalu panjang hanya akan menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Terlalu pendek juga tidak baik karena akan tidak akan terasa nyaman saat berjalan. Setelahnya, aplikasikan cuticle oil untuk menutrisi kuku kaki.

source: http://www.popsugar.com/fitness/Running-Tip-Cut-Your-Toenails-13331352


 

5. Pijat Kaki Setiap Hari


Selain membuat kaki senang, pijatan juga akan menghindari diri dari semua masalah pada kaki. Pijatan pada kaki sangat berguna untuk kesehatan, seperti:

  • Melancarkan peredaran darah pada kaki
  • Merileksasikan otot
  • Tidur lebih nyaman
  • Menguatkan pergelangan kaki
  • Mengatasi rasa kaki dan imflamasi
Lakukan pijatan setiap hari selama 5 menit dengan menggunakan olive atau coconut oil yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. Gunakan ibu jari untuk menekan telapak kaki. Tarik juga secara perlahan jari kaki satu persatu untuk merenggangkan otot di sana.
source: http://massageinflorida.com/blog/tag/foot-massage/