1. Rendam Kaki Ke Dalam Air Hangat

Rendamlah kakimu ke dalam sebuah ember atau baskom yang berisi air hangat. Jangan gunakan air panas yah, karena air yang panas akan menyebabkan kulit kaki menjadi kering. Agar kaki lebih wangi dan sehat, tuanglah sabun cair dengan aroma buah atau bunga ke dalam air hangat. Pijatlah kaki dan tumit kaki secara perlahan untuk menguatkan kakimu. Lakukan selama 10 menit sehingga kulit kaki menjadi lebih lembut. Keringkan dengan handuk secara perlahan.

source: http://www.beringaz.com/2014/10/inilah-manfaat-merendam-kaki-dengan-air-hangat.html


 

2. Hilangkan Sel Kulit Mati

Untuk menghilangkan sel kulit mati, gosoklah telapak kaki dan seputarmya dengan batu apung atau sikat kaki yang lembut. Gosoklah dalam keadaan kaki masih basah agar kulit kakimu tidak lecet atau terluka. Tapi kamu harus menggosok secara perlahan ya agar kulit - kulit yang kasar terkelupas. Setelah menggosok perlahan, kamu dapat memijat kaki dan tumit kakimu agar kaki tetap terjaga kesehatannya.

source: http://lifestyle.okezone.com

 
<baca juga>

3. Scrub Kaki

Rawatlah kaki sama dengan anggota tubuh yang lain. Kamu bisa merawat kaki dengan cara scrub dan menggunakan bahan - bahan yang alami, agar kakimu tetap sehat. Campurkan sedikit gula pasir dan air jeruk lemon ke dalam minyak zaitun. Gosoklah telapak kaki secara perlahan dengan menggunakan campuran bahan tersebut. Sama dengan wajah atau bagian tubuh lainnya, scrub kaki ini berguna untuk menghilangkan sel - sel kulit mati. Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk melembutkan dan menjadikan kulit kaki lebih lembap.

source: http://www.vemale.com


 

4. Lakukan Masker Kaki

Memang terdengar aneh yah. Tapi tak ada salahnya kamu lakukan masker pada kaki. Masker ini berguna agar kulit di bagian kaki dapat ternutrisi dengan baik. Bahan - bahan masker ini dapat kamu buat sendiri menggunakan bahan yang alami. Selain mudah didapat, bahan ini tidak akan menimbulkan efek samping. Haluskan pisang yang telah matang dan campurkan dengan air lemon. Oleskan pada kaki dan tumit kaki. Agar manfaatnya lebih maksimal, kamu dapat membungkus kakimu menggunakan aluminium foil. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

source: http://www.ledisia.com


 

<baca juga>

5. Gunakan Pelembap Kaki

Aplikasikan pelembap kaki dua kali dalam sehari. Selain berguna untuk menjaga kelembapan kulit kaki yang kasar dan pecah - pecah, pelembap ini juga dapat berfungsi merawat kakimu agar terhindar dari permasalahan kulit pada kaki. Tak harus menggunakan krim pelembap. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai alternatif pelembap dari bahan alami. Oleskan minyak zaitun ke kaki dan tumitmu setiap malam. Pijatlah secara perlahan agar kaki tetap sehat dan kuat.

source: http://www.suryajagad.net/2015/12/menghaluskan-kaki-pecah-pecah-dengan.html


 

6. Pilihlah Sepatu Yang Tepat

Agar kakimu tetap sehat dan kuat, pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas (tidak kekecilan). Sepatu yang kekecilan akan membuat kaki tidak dapat bernafas dengan sempurna. Hal ini disebabkan karena sirkulasi udara yang ada di dalam sepatu tidak kelaur dengan baik. Sepatu yang kekecilan juga tidak baik bagi kakimu karena kakimu tidak dapat bergerak dengan bebas dan leluasa.
source: http://www.doktercantik.com/6643/8-tips-agar-sepatu-dan-kaki-tidak-bau-di-musim-hujan.html