Almond milk adalah susu alternatif selain susu sapi yang tidak kalah bergizi lho. Seperti halnya susu kedelai, almond milk terbuat dari sari kacang-kacangan. Kacang almond yang digunakan menjadikan susu ini aman bagi para vegetarian dan kamu yang alergi terhadap kandungan laktosa.

Susu ini juga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Mengapa? almond milk tidak mengandung lemak hewani sehingga kalori yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada susu sapi. Segelas almond milk hanya mengandung 60 kalori sedangkan susu sapi mengandung 146 kalori. Bahkan jika dibandingkan dengan susu kedelai, almond milk masih memiliki kalori yang lebih rendah.
 

source: https://id.pinterest.com/aomaom/homemade-almond-milk/


Tak hanya itu, almond milk mengandung mangan, tembaga, dan ribovlafin yang bekerja mengelola glukosa dari karbohidrat untuk menciptakan energi dan dapat menghindari penimbunan glukosa yang dapat memicu naiknya berat badan. Nggak heran, dengan kelebihan yang dimiliki, almond milk menjadi populer dikonsumsi oleh kalangan-kalangan social media influencer dan selebgram.

Lalu dimanakah bisa kamu bisa menemukan produk ini? Sebenarnya, sudah banyak almond milk yang dijual di pasaran, namun sayangnya, kamu tidak bisa memastikan seberapa banyak kandungan gula yang sudah ditambahkan di dalamnya. Nah, maka dari itu, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah lho. Yuk, simak cara membuatnya!

 

Bahan yang Digunakan

  • 250 gram kacang almond
  • 1 liter air matang
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla (boleh perasa lain)
  • 1/8 sendok teh garam

 
baca juga

Cara Membuat

1. Kupas terlebih dahulu kacang almond yang akan digunakan. Kemudian rendam dengan air selama 8 jam untuk memastikan kacang sudah bersih. Jika sudah, tiriskan.

2. Masukkan seluruh kacang almond dan 400ml air matang ke dalam blender, kemudian blender keduanya hingga teksturnya benar - benar halus.

3. Masukkan sisa air, madu, ekstrak vanilla, dan garam ke dalam blender. Kemudian blender kembali agar tercampur merata.
 

source: http://www.ohnuts.com/blog/how-to-make-almond-milk-recipe/


 

4. Saring raw almond milk tersebut dengan kain kasa atau saringan yang halus sehingga semua sari - sarinya dapat tersaring dengan baik. Peras ampas yang tersaring dengan tangan supaya tidak ada sari - sari yang tersisa.
 

source: http://www.ohnuts.com/blog/how-to-make-almond-milk-recipe/

Resep tersebut bisa digunakan untuk membuat 6 gelas almond milk yang masing-masing gelasnya berisi 250ml. Karena bahan yang digunakan semuanya alami dan tanpa bahan pengawet, maka jangan heran jika almond milk tidak dapat bertahan lama. Lebih baik segera dikonsumsi atau simpan di kulkas. Simpanlah di bagian dalam kulkas dan bukan di bagian pintu kulkas.  jangan di bagian pintu kulkas supaya almond milk dapat bertahan sekitar 3 hari.

Selamat mencoba!


​​​​​​​