1. Ajarkan yang Disukai

Ini adalah langkah sederhana untuk memulai usaha melalui hobi. Ada banyak hobi yang bisa dimanfaatkan untuk diajarkan kepada pemula, seperti menjahit, melukis, mendesain, dan sebagainya.
source: http://www.musickatz.co.uk/#!music-tuition-leeds/cjn9

2. Menjual Karya

Ini tentu langkah mudah jika hobi yang dilakukan menghasilkan sebuah karya seni seperti lukisan, pernak pernik, dan sebagainya. Dengan menjual hasil karya dari hobi, Minasan sudah membuka pintu untuk orang lain melihat lebih dekat apa yang kita kerjakan.
source: http://www.giltcity.com/chicago/stylebydeco

3. Perluas Wawasan

Memperluas wawasan dapat diartikan bahwa Minasan bisa menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menambah banyak kemungkinan bagi hobimu.
source: http://blog.lineup.uk.com/muse-month-vlogging-make-youtubes-ambassadors/
Misalnya, jika Anda suka fotografi, maka jangan hanya berhenti untuk memberikan layanan fotografi pada orang lain. Menulis buku foto dan membuat terbitkan, menjual foto Anda secara online, membuat t-shirt dari foto Anda. Pikirkan segala macam hal yang dapat Anda lakukan, dan mengasosiasikan mereka dengan hobi Anda untuk meningkatkan skala usaha dan potensi penghasilan Anda.
source: http://www.magforwomen.com/tips-to-convert-your-hobby-into-a-business/

4. Pantaulah Dirimu Sendiri

Ada beberapa cara supaya apa yang Minasan lakukan bisa diperhatikan orang lain. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk memperlihatkan kegiatan hobi dan hasil karya Minasan.
source: http://www.c1-partners.com/services/social-media/
Pemantauan dengan cara ini memungkinkan bisnis untuk berbicara secara khusus kepada pelanggan dan menyediakan banyak kesempatan yang lebih besar untuk membuat hubungan dan membangun hubungan.
source: https://www.desk.com/success-center/small-business-social-media-strategy

5. Jadilah Serius

Minasan harus menggunakan waktu yang lebih banyak dari sebelumnya untuk menjadikan hobi ini menjadi sesuatu yang menguntungkan. Ada banyak usaha yang harus digunakan untuk merubah hobi menjadi sebuah bisnis. Setiap menit yang digunakan untuk menjadi lebih profesional akan memberi kesempatan yang lebih besar lagi.
source: http://www.definitivewebsites.com/work/piece-work.htm