source: http://coopervision.com/

Kalau kamu salah satu dari sekian banyak orang yang hobi mengenakan softlens, pastikan kamu memerhatikan bagaimana cara merawat dan menggunakan softlens yang benar supaya terbebas dari hal-hal yang nggak kamu inginkan. Hindari kesalahan-kesalahan dalam mencuci softlens seperti di bawah ini agar kesehatan matamu tetap terjaga.



Mencuci Langsung dengan Air Biasa

Ya, ternyata saat kamu memakai softlens haram hukumnya untuk mencuci muka, renang, dan mandi tanpa melepas softlens-mu terlebih dahulu. Hayo, berapa banyak dari kamu yang sering melakukan kebiasaan ini? Ternyata ini disebabkan karena air keran atau air biasa tidak memilki kandungan yang sama dengan air matamu. Karena itu, yang ditakutkan adalah softlens justru menyerap air dan menggelembung. 

Selain itu, air biasa yang meskipun aman untuk diminum tidak dapat terjamin bebas dari mikroorganisme. So, jangan lagi langsung mengenakan air dengan softlens kamu yah, worst case-nya bisa menyebabkan kornea matamu terinfeksi!
baca juga



Menggunakan Air Perendam yang Sama

Jika kamu memakai air perendam berulangkali, itu artinya sama saja kamu sengaja membuat mata infeksi. Why? It's obviously because of the bacteria. Air perendam yang telah kamu gunakan sebelumnya telah mengandung bakteri yang berasal dari softlens sebelumnya. Jadi, bukannya membersihkan, kamu malah mengumpulkan bakteri ke softlens kamu lagi.  



Menutup Case Soflens Sebelum Kering

Cara terbaik untuk mencuci softlens adalah of course mencucinya dengan air perendam khusus dan bukan air biasa. Setelah itu kamu bisa menunggu case softlens mengering terlebih dahulu atau melapnya dengan tisu bersih. Pokoknya, pastikan case soflens kering sebelum kamu menyimpan soflens ke dalam dan menutupnya.

baca juga



Tidak Mengganti Case Softlens Dalam Waktu yang Lama

Coba ingat sudah berapa lama kamu memakai tempat softlense yang sama? Kalau kira-kira kamu sudah menggunakannya lebih dari tiga bulan cepat ganti dengan yang baru yah! Karena tempat softlense yang sudah dikenakan selama lebih dari tiga bulan biasanya sudah tidak efektif untuk melindungi dari bakteri.



Sembarangan Memilih Merk Air Perendam Softlense

Jangan ambil resiko dengan memilih merk air perendam softlense sembarangan yah, Beautynesian! Memilih atau berganti-ganti air perendam softlens dengan sembarangan bisa menyebabkan alergi, iritasi dan mata kering. Gunakanlah merk yang memang sudah terpercaya kualitasnya. Akan lebih baik lagi jika kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mata untuk mengetahui merk apa yang paling sesuai dengan matamu. 

source: https://www.cdc.gov


Selalu jaga kesehatan matamu yah, Beautynesian!