Granola adalah the next popular healthy snack. Banyak pecinta gaya hidup sehat yang beralih dari oat dan memilih granola. Apa sih granola itu? Granola adalah makanan yang berisikan oat, kacang - kacangan, dan buah - buahan kering yang diberi rasa melalui tambahan madu atau pemanis lainnya.

Kandungan oat dan kacang - kacangan pada granola membuat makanan ini kaya akan serat dan pastinya baik untuk kesehatan tubuh. Karena kandungannya yang baik untuk tubuh, maka saat ini granola mulai dipopulerkan sebagai snack sehat terutama bagi mereka yang sedang diet atau menjaga pola makan.

source: http://freezerdinner.com/recipes/good-granola/

Pada dasarnya granola terbuat dari campuran bermacam - macam bahan maka lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Membeli granola yang sudah jadi memang sah sah saja, tetapi kita tidak bisa mengetahui dengan jelas bahan apa saja yang dicampurkan. Bahkan di luar sana banyak granola yang sudah ditambahkan gula, susu, coklat, atau perasa buatan lainnya sehingga kalori yang dihasilkan cukup tinggi.

Granola dapat disajikan dalam beragam cara seperti dalam bentuk sereal, kue, snack bar, dan lain - lain. Namun jika ingin membuat granola yang bisa dikonsumsi di mana saja dan praktis maka lebih baik granola disajikan dalam bentuk snack bar seperti gambar berikut ini. Agar granola yang kamu konsumsi semakin sehat, mending coba bikin sendiri di rumah dengan resep berikut ini!
source: https://www.youtube.com/watch?v=2ja9yEGnDo0


Bahan - bahan yang dibutuhkan**:

  • 160 gram oat (boleh menggunakan oat instan)
  • 100 gram campuran kacang - kacangan, biasanya menggunakan kacang mete atau kacang almond
  • 100 gram campuran buah - buahan kering, biasanya menggunakan kismis, kurma, cranberry, atau apricot
  • 50 gram chocochips (boleh tidak menggunakan)
  • 50 gram peanut butter (boleh tidak menggunakan)
  • 80 gram butter atau mentega rendah kalori
  • 150 ml madu


** Bahan - bahan yang digunakan ini sifatnya tidak mutlak ya Beautynesian. Kalian boleh mengganti sesuai selera asalkan mengandung oat, kacang - kacangan, dan buah - buahan. Untuk takarannya pun juga tidak mutlak boleh disesuaikan selama kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi.

baca juga

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan oat, kacang - kacangan, buah - buahan kering, dan chocolate chips. Jika sudah, aduk keseluruhan bahan tersebut hingga tercampur merata.
  2. Siapkan wadah lain untuk mencampurkan madu, butter, dan selai kacang. Jika sudah, aduk keseluruhan bahan tersebut hingga tercampur merata.
  3. Kemudian tuang campuran madu, butter, dan selai kacang ke dalam wadah campuran oat secara perlahan sambil diaduk. Pastikan sudah tercampur secara merata.
  4.  Siapkan loyang dengan ukuran kurang lebih 22x22x24 cm. Oleskan loyang tersebut dengan butter atau margarin. Kemudian lapisi loyang dengan menggunakan kertas roti dan oleskan kembali butter atau margarin ke bagian atas kertas roti.
  5. Tuangkan campuran bahan - bahan sebelumnya ke loyang. Ratakan dengan menggunakan sendok sambil ditekan - tekan supaya tekstur granola padat.
  6.  Padatkan adonan dengan cara memasukannya pada kulkas selama kurang lebih satu jam atau sampai tekstur granola menjadi sedikit mengeras.
  7. Keluarkan dari loyang dan potong menjadi beberapa bagian.
  8. Jangan lupa simpan di kemasan kedap udara supaya rasa dan teksturnya tidak berubah.

Mudah sekali kan cara membuatnya? Yuk coba beralih dari snack yang kurang sehat dan mencoba mengkonsumsi granola setiap pagi hari. Tubuh terasa sehat lemak pun siap menghilang.