Saat datang ke klinik kecantikan, tentunya kamu bakal memakai kesempatan itu untuk bertanya hal-hal tentang cara merawat wajah kepada ahli estetika. Termasuk produk-produk apa saja yang recommended untuk kulitmu. Tapi jangan sampai kamu terlalu fokus dengan produk-produk yang baik untuk kulit dan nggak tau produk apa saja yang perlu dihindari. Nah, ini dia produk-produk yang di blacklist oleh ahli estetika. 



Alat Ekstrasi Komedo

Ekstrasi atau pengambilan komedo biasanya dilakukan menggunakan alat logam. Mungkin kamu sering melihat beberapa social media mempromosikan alat sejenis ini dengan harga yang cukup miring. Namun, meskipun efektif, pemakaian yang salah dapat berbahaya terhadap kulit. Bahkan terkadang bisa meninggalkan bekas permanen. Karena itu sebaiknya alat ekstrasi komedo ini tidak digunakan di rumah sendiri oleh kamu.

Meski kelihatan mudah, ekstrasi komedo perlu penanganan dari ahli yang profesional. Kalau kamu ingin mengekstrasi komedo sendiri di rumah, lakukanlah sehabis mandi ketika pori-pori wajah terbuka dan pelan-pelan tekan komedomu keluar menggunakan jari yang dibungkus oleh tisu.

source: https://id.aliexpress.com/popular/blackhead-tweezer.html
<baca juga>



Scrub yang Kasar

Scrub wajah atau facial scrub memang sangat cepat untuk mengelupas sel kulit mati dari wajah sehingga wajah terasa lebih mulus dan cerah. Namun, tidak jarang facial scrub yang hanya berbentuk kasar saja tapi tidak bisa masuk ke permukaan epidermis kulit.

Exfoliator kimia seperti asam glikolat, asam laktat, atau enzim ternyata bekerja lebih menyeluruh untuk mengelupas sel kulit mati dan meningkatkan pergantian sel yang alami pada kulit wajahmu. Namun tetap saja hindari over-exfoliate agar wajahmu tidak menipis dan iritasi.

source: http://www.sayacantik.com/melakukan-scrub-wajah/



Produk dengan Pewangi Buatan

Terkadang beberapa produk salah satunya spa treatment mengandung pewangi buatan. Sayangnya, pewangi yang tidak berasal dari bahan alami ini dapat berakibat buruk pada kulitmu. Produk yang mengandung pewangi buatan sering menggunakan zat aditif dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Karena itu, beralihlah pada produk yang mengandung wangi alami seperti lavender dan daun teh. Selain lebih sehat, pewangi alami juga dapat memberikan manfaat baik pada kulitmu.

source: https://healthimpactnews.com/2014/heavenly-scents-or-toxic-fumes-are-your-fragrances-healing-or-killing-you/
<baca juga>



Produk yang Mengandung Alkohol

Hati-hati saat memilih produk kecantikan yah, Beautynesian. Ternyata banyak dari produk mulai dari perawatan rambut hingga parfum yang kamu gunakan mengandung alkohol. Hal ini bisa menyebabkan kulitmu menjadi kering dan kusam, bahkan iritasi.

source: http://blogsehatitumudah.blogdetik.com/



Lemon Oil dan Serum Vitamin C DIY

Ternyata, tidak semua bahan alami baik untuk kulit. Bahkan ada beberapa bahan alami yang kemungkinan dapat membuat kulitmu iritasi. Seperti minyak lemon contohnya. Menurut ahli estetika, minyak lemon adalah salah satu bahan alami yang paling sering menyebabkan pasien iritasi karena bisa menyebabkan pembengkakan dan lecetnya kulit wajah ketika terkena sinar matahari. 

Seperti lemon oil, ternyata vitamin C yang kamu racik sendiri bisa juga berakibat buruk pada kulit. Susunan vitamin C yang tidak sempurna tidak akan membawa manfaat pada kulitmu dan bahkan bisa menyebabkan kulit iritasi karena vitamin C sangat tidak stabil dan mengoksidasi dengan cepat.

source: http://www.irinadorko.com/talking-about-lemon-different-uses-for-lemon-essential-oil/
Semoga informasi di atas bisa membuat kamu lebih bijak untuk memilih produk kecantikan yang tepat yah, Beautynesian!