Kentang

Berbeda dengan di Eropa, di Indonesia kentang sangat jarang dijadikan sebagai karbohidrat utama. Kentang lebih sering dikonsumsi sebagai lauk. Sebenarnya
kentang juga dapat dijadikan pengganti nasi, karena kentang sebagai alternatif karbohidrat.

Dibandingkan dengan nasi, kentang mempunyai serat yang lebih kecil serta memiliki lebih banyak nutrisi. Selain untuk kesehatan dan menurunkan berat badan, kentang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup baik, sehingga baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi kentang yang paling baik agar berat badan berkurang adalah dengan direbus atau dikukus ya!

source: http://gendies.com

Pasta

Hampir sama dengan kentang, pasta sangat jarang dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Pasta belum familiar sebagai akternatif karbohidrat yang dapat menambah energi dan aman dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet. Selain rendah lemak, pasta mengandung asam folat yang tinggi dan glukosa yang lebih rendah daripada roti dan nasi. Dengan demikian, pasta sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Agar tetap sehat dan berat badan terjaga dengan stabil, pilihlah saus dan topping yang sehat ya.

source: http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/75541-salad-pasta-cepat-dan-lezat.html
baca juga

Jagung

Jagung mempunyai rasa masnis karena memiliki fruktosa, yaitu sejenis gula alami yang terdapat di dalam buah. Selain baik untuk diet, jagung juga baik untuk penderita diabetes karena gula alami yang ada di dalam jagung tidak akan terserap oleh tubuh karena terbuang bersama dengan urin. Selain sebagai pengganti karbohidrat pada nasi, ternyata jagung dikenal kaya akan kalori, antioksidan, mineral, serat dan sumber vitamin B yang dibutuhkan bagi tubuh. Oleh sebab itu, jagung baik digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

source: http://holisticare.co.id

Ubi Jalar

Karbohidrat yang terkandung di dalam ubi jalar temasuk yang lambat dalam meningkatkan gula darah. Jadi mengkonsumsi ubi jalar tidak akan membuat tubuhmu semakin bertambah. Dibandingkan dengan nasi, ubi jalar mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat memenuhi 61% kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar memiliki serat yang tinggi sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

source: http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/24917-10-makanan-pokok-pengganti-nasi-6.html
baca juga

Singkong

Dibandingkan dengan nasi, singkong termasuk makanan yang mempunyai karbohidrat rendah dan serat yang tinggi. Inilah yang menyebabkan singkong lebih cepat mengenyangkan dibandingkan nasi. Untuk menurunkan berat badan, singkong harus diolah dengan cara yang benar. Singkong rebus atau singkong kukus adalah olahan yang paling tepat untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Selain murah dan mudah didapat, singkong juga makanan yang menyehatkan.

source: https://iwandahnial.wordpress.com


Nah, makan tidak harus dengan sepiring nasi kan? Cobalah mengganti nasi dengan makanan di atas. Selain lebih sehat dan bugar, tentu kamu akan merasakan timbanganmu semakin berkurang. Langsing namun tetap sehat ya. Selamat berdiet dan semoga sukses menurunkan berat badan ya, Beautynesian!