Tidak Membutuhkan Tenaga Yang Besar

Aikido merupakan olahraga yang murni beladiri, dimana praktis dilakukan hanya untuk menyelesaikan masalah ketika diserang oleh lawan. Sifatnya bukanlah reaktif, namun solutif. Intinya Aikido hanya digunakan untuk melumpuhkan lawan dan bukan untuk menyerang lebih dahulu. Oleh sebab itu, olahraga ini tidak mengutamakan energi yang besar. Fokusnya adalah belajar teknik lepasan dan kucian yang dapat dimanfaatkan untuk melumpuhkan lawan.

source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

Tidak Ada Batasan Usia

Karena seni beladiri ini tidak memerlukan latihan yang berat, Aikido bisa dilatih untuk segala jenis usia. Orang dewasa bahkan anak-anak pun bukan alasan untuk tidak berlatih Aikido. Olahraga ini menekankan keharmonisan dan keselarasan antara energi ki (prana) individu dengan ki alam semesta. Untuk pada lansia diatas 50 tahunpun dapat berlatih Aikido karena mengedepankan keseimbangan, tentu dengan instruktur atau pelatih. Jadi, Aikido memang seni bela diri lintas usia karena hal tersebut di atas.
source: http://www.imgrum.net
baca juga

Minim Resiko Cedera

Pada dasarnya, seni bela diri ini lebih menekankan pada penguasaan teknik. Cedera yang terjadi pada umumnya hanya sejauh terkilir akibat teknik kuncian atau salah jatuh. Namun hal ini biasanya jarang terjadi jika kamu menguasai teknik dasarnya. Selama instruksi pelatih kamu perhatikan, maka resiko cedera akan minum atau bahkan tidak ada sama sekali. Cedera pada saat berlatih adalah hal yang wajar asal sebanding dengan kekuatan yang kamu peroleh ketika lawan menyerang.

source: http://lpug.gunadarma.ac.id

Tanpa Pukulan, Tendangan Dan Sapuan Kaki

Aikido jelas aman bagi wanita karena tanpa teknik pukulan, tendangan atau sapuan kaki. Jika ada latihan memukul, meninju atau menendang hanya dilakukan sebagai sarana berlatih teknik yang benar secara berpasangan. Karena pada prinsipnya Aikido hanya digunakan untuk bertahan dan mengunci lawan dengan baik, bukan menyerang.

source: http://bangka.tribunnews.com
baca juga

Menurunkan Berat Badan

Walaupun bukan olahraga yang berat, namun berlatih Aikido membutuhkan tenaga dan membakar lemak serta kalori di dalam tubuh. Dengan gerakan yang stabil terus menerus, Aikido akan membuatmu berkeringat akibat kalori dan lemak yang terbakar. Otot dan sendi-sendipun akan terlatih lebih kuat dibanding sebelumnya. Kalau kamu rutin berlatih Aikido dua kali dalam seminggu, bukan tidak mungkin berat badanmu akan merasa lebih ringan.
source: http://www.motivasilangsing.com

Melatih Ketenangan Dan Konsentrasi

Walaupun namanya olahraga beladiri, Aikido termasuk seni bela diri yang sangat membutuhkan ketenangan dan konsentasi untuk mengatur strategi dam teknik di dalam melakukan pertahanan terhadap lawan. Jika kamu bukan orang yang sabar dan tenang, Aikido dapat menjadi alternatif melatih karaktermu menjadi lebih tenang dan berkonsentrasi pada hal - hal di depan.
source: http://jatiaikidoclub.com