1. Struggling untuk Bangun di Pagi Hari

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Selama satu minggu, kamu harus menghentikan konsumsi kopi maupun alkohol. Jika kamu memang telah terbiasa mengonsumsi kopi di pagi hari, kamu bisa menggantikannya dengan teh hijau. Dan pada malan harinya, kebiasaan untuk meminum alkohol harus benar-benar kamu hentikan segera, supaya kamu dapat merasa lebih segar saat terbangun.



 

2. Lemas dan Mengantuk Setelah Mengonsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Well, jika mengonsumsi karbohidrat justru bikin kamu semakin ngantuk, sebaiknya mulailah pola diet baru dengan mengurangi jumlah karbohidrat pada makananmu. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan gula darah lebih baik, serta dapat mengontrol insulin. Jika perlu, diet ketogenik yang sekarang menjadi tren di kalangan kesehatan bisa kamu coba!



 
baca juga

3. Merasa Lapar Terus-Menerus

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Untuk mengurangi gejala tersebut, kamu dapat melakukannya dalam jangka waktu yang kamu inginkan. Short-term, kamu bisa mengonsumsi dark coklat berkadar 70% atau lebih untuk menghilangkan keinginan makan pada siang hari. Sore harinya, anggur maupun buah beri dapat menjadi cemilan cantik. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pola hidu sehat pada no 1 dan no 2.



 

4. Penumpukan Lemak di Perut

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Mulai sekarang, stop untuk mengonsumsi bir dan mengurangi alkohol yang memicu penumpukan lemak pada perutmu. Lemak pada perut alias lemak visceral terhubung dengan fungsi insulin yang buruk, sehingga menurunkan kadar karbohidrat tinggi pada minuman tersebut bisa menjadi salah satu langkah terbaik. Hal tersebut juga cara yang baik untuk  menurunkan peradangan tubuh, terutama pada bagian perut.



 
baca juga

5. Pinggul Membesar

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Hal tersebut dikarenakan proses detoksifikasis hati yang tidak maksimal. Untuk itu, kamu wajib untuk memakan sayuran fermentasi seperti sauerkraut atau kimchi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan konsumsi sayuran seperti brokoli, kubis, maupun kembang kol.



 

6. Masuk Angin, Kecapekan dan Rambut Kusam

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Hilangkan gula, kafein, dan batasi konsumsi alkohol pada asupan makananmu sehari-hari. Juga, perbanyak tidur untuk menstabilkan hormon di dalam tubuhmu. Sebaiknya, kamu juga harus menghubungi dokter untuk memeriksa apakah kelenjar tiroid dalam tubuhmu sedang mengalami masalah serius.



 

7. Nggak Mood atau Gampang Moody

source: http://blog.paleohacks.com/hormonal-imbalance/#

Solusi:

Kadar gula darah tinggi dan kadar insulin akan menngkatkan risiko penurunan mood. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan tes kesehatan darah HbA1c untuk mengetahui penyebab dan kadar gula darah dan insulin. Jika hasil tes menunjukkan angka lebih dari 5,2%, sudah saatnya berganti pola diet kurang karbohidrat seperti Paleo Diet untuk mengembalikan keadaan normal kadar insulin dan gula darah tersebut.


Semoga bermanfaat, Beautynesian!