Cuci Dengan Air Mengalir

Cucilah pakaian dengan air bersih yang langsung mengalir dari kran, dan bukan air yang ditampung di tempat penampungan seperti ember atau bak air. Air yang ditampung dan didiamkan beberapa saat biasanya sudah tercemar oleh debu atau kotoran yang dapat terbang ke dalam tempat penampungan. Memang kotoran tersebut tidak kasat mata, namun jika dilihat pada endapan air, pasti akan nampak dengan jelas. Air yang tercemar akan menimbulkan bau tak sedap pada pakaianmu.

source: http://www.pewangilaundry.co.id/cara-mencuci-mengeringkan-menyetrika-dan-menyimpan-kain-sutra.html

Rendam Pakaian Beberapa Saat

Jika kamu mempunyai aktivitas yang padat di luar ruangan, pakaianmu akan mudah kotor tanpa kamu sadari. Polusi, debu, keringat, noda dan sejenisnya akan menjadi penyebab utama pakaian kotor. Terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini, cipratan air hujan dan genangannya akan membuat pakaianmu semakin kusam dengan bau yang tak sedap. Lebih baik rendam pakaian dengan detergen beberapa saat dan bilaslah dengan tangan bagian yang kotor. Jangan merendam pakaian lebih dari 2 jam ya. Hal ini akan meyusutkan pakaianmu lebih cepat dan merubah aroma pakaian.
source: https://www.blibli.com/
baca juga

Gunakan Pewangi Dalam Bentuk Cair

Setelah cucian kamu bilas, kamu bisa mencucinya dengan tangan atau dengan mesin cuci. Gunakan detergen secukupnya dan pewangi cair. Pewangi cair lebih cepat tercampur ke dalam air dibanding pewangi dalam bentuk bubuk. Selain itu, pewangi cair lebih cepat menyerap ke dalam pakaian. Jadi selama proses mencuci, pakaian akan menyerap pewangi dengan sempurna.

source: http://www.sumbarpos.com

Keringkan Pakaian Sampai Maksimal

Setelah proses mencuci selesai, keringkan dan peras sampai dengan titik maksimal agar tidak menimbulkan bau yang tak sedap. Kalau kamu mencuci dengan tangan, peraslah cucianmu sampai sekuat tenaga. Namun harap diingat ya, pakaian dengan bahan yang lembut seperti kain sifon, brokat dan sejenisnya jangan kamu peras terlalu kencang, supaya pakaian jenis ini tidak sobek ketika diperas. Kalau kamu menggunakan mesin cuci, keringkan sesuai petunjuk mesin cuci. Proses pengeringan ini perlu agar saat dijemur tidak memakan waktu terlalu lama, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini.

source: http://www.vemale.com
baca juga

Segera Jemur Pakaian

Jemurlah pakaian di tempat yang teduh agar aroma pewangi tidak hilang di dalam pakaianmu. Saat musim hujan ini, jemurlah pakaian dengan cara digantung atau dijepit agar pakaian lekas kering. Menjemur terlalu lama juga akan menghilangkan aroma wangi pada pakaianmu. Tidak mau kan mencuci dengan pewangi tetapi tidak lagi harum saat mengangkat pakaian.?

source: http://www.bisnishack.com/2014/09/7-langkah-menyetrika-pakaian-dengan.html

Semprotkan Pewangi

Semprotkan pewangi saat menyetrika pakaian. Namun tidak perlu semua pakaian kamu semprotkan ya. Cukup pada baju kerja seperti kemeja, blazer, dress, rok, celana panjang, scraft dan baju sejenisnya. Saat musim hujan dan cuaca lembap, mengenakan baju yang wangi dengan kesegaran alami tentu akan membuatmu tampil lebih percaya diri.

source: http://www.parfumlaundry.co.id

Simpanlah Pakaian Di Suhu Yang Tepat

Jangan menyimpan pakaian di tempat yang lembap. Ruangan yang lembap akan memicu jamur dan ngengat dengan mudahnya masuk ke permukaan kain. Ini akan menimbulkan bau tak sedap. Hindari juga pakaianmu bersentuhan langsung dengan material yang terbuat dari kayu. Kayu mengandung zat asam yang akan membuat pakaianmu menjadi apek dan pudar warnanya.

source: https://www.blibli.com