1. Gunakan Water Soluble Cleanser

Tren pembersih makeup sekarang adalah water soluble cleanser yang lebih aman untuk kulit dan lebih bersih mengangkat kotoran. Produk yang digunakan bisa lotion-based atau gel-textured cleanser. Pembersih jenis ini tidak akan membuat kulit terasa kering seperti ditarik ataupun berminyak. Jadi, formulanya sangat cocok untuk tipe kulit kombinasi.
 

source: https://www.quora.com/What-are-the-best-skin-care-products-for-a-male-with-oily-face


 

2. Gunakan Soothing Toner

Tidak perlu bingung memilih jenis toner. Yang diperlukan untuk kulit kombinasi hanyalah non-irritating toner yang kaya akan antioksidan. Toner ini akan melembapkan area kulit yang kering dan mengurangi produksi minyak pada area lainnya. pH wajah akan menjadi lebih stabil sehingga area wajah yang kering tidak akan menjadi semakin kering dan area yang berminyak tidak akan semakin mengkilap.
 

source: http://www.today.com/style/6-reasons-why-you-should-use-facial-toner-t73941


 

baca juga

3. Gunakan BHA Exfoliant

Selalu exfoliate wajah dengan produk BHA. Kandungan ini tidak akan mengangkat kulit mati secara berlebihan, membersihkan pori-pori, mengurangi minyak wajah dan sekaligus melembutkan area kulit yang kering dan kasar. Eksfoliasi yang normal ini akan membuat wajah terlihat glowing lebih natural. Produk yang digunakan dapat berbentuk gelweightless fluid atau water-like liquid agar tidak terlalu sensitif untuk kulit kombinasi.
 

source: https://www.obagi.com/patients/blog/terms/exfoliation


 

4. Gunakan Sunscreen

Hal ini wajib untuk semua jenis kulit. Setidaknya, aplikasikan produk minimal dengan SPF 30 untuk menghindari penuaan yang artinya membuat kulit semakin kering. Paparan sinar UV terus-terusaan juga akan mempercepat produksi minyak dan keringat dikarenakan energi panasnya. Untuk kulit kombinasi, kamu bisa menggunakan produk lightweight ini dengan soft matte finish yang tetap akan terlihat natural walaupun diaplikasikan ke seluruh bagian wajah. Kamu bisa juga mengaplikasikan serum atau booster pada area kering lalu lapisi dengan sunscreen untuk menghindari iritasi.
 

source: http://amcoffee.celebratewomantoday.com/dive-into-summer-with-safe-sunscreen-knowledge-may-22-amcoffee/


 

baca juga

5. Gunakan Moisturizer

Gunakan night moisturizer baik itu gelserum, atau bahkan produk yang watery ke wajah setiap malam. Moisturizer mengandung antioksidan, skin-replenishing ingredients dan skin-restoring ingredients sehingga kulit wajah akan berangsur-angsur membaik teksturnya. Aplikasikan juga emollient serum atau oil booster untuk mengatasi area yang super kering sehingga area tersebut tetap hydrated
 

source: http://www.newlovetimes.com/daily-skin-care-routine-before-and-after-your-workout/