1. Jangan Diamkan Noda

Jangan biarkan noda menetap terlalu lama di pakaianmu ya. Segera bersihkan noda yang menempel seperti bekas makanan, bekas tinta atau bekas genangan air. Noda yang didiamkan terlalu lama jauh lebih sulit dihilangkan dan bikin bajumu bau. Namun, jika ada noda yang terlanjur membandel dan sangat sulit untuk dihilangkan, kamu dapat menggunakan produk pembersih noda khusus untuk membasuhnya dengan cepat.

source: https://www.cleanipedia.com

2. Memisahkan Pakaian

Pilihlah pakaian yang berwarna gelap dan pakaian yang berwarna terang, atau pakaian yang mudah luntur seperti warna merah. Pisahkan juga pakaian yang terbuat dari bahan berbulu seperti handuk atau mantel agar bulunya tidak menempel pada pakaian lain. Kalau kamu mencuci seprai, jangan campurkan dengan pakaianmu ya, terlebih kamu mencucinya di mesin cuci. Dengan pemisahan pakaian, kamu akan terhindar dari pakaian yang luntur atau pakaian yang berwarna yang kusam.

source: http://id.wikihow.com
baca juga

3. Tambahkan Pewangi

Saat kamu mencuci pakaian, sebaiknya balikkan bagian luar menghadap ke dalam. Hal ini berguna untuk mencegah bagian luar bergesekan dan membuat warnanya semakin memudar. Usahakan juga mengecek setiap kantong pakaian agar tidak ada kotoran yang tersimpan dan mempengaruhi air cucian. Dengan demikian, pakaian tetap bersih saat diangkat dari cucian, baik itu mencuci dengan tangan ataupun dengan mesin cuci. Jangan lupa, tambahkan pewangi agar pakaianmu tetap segar dan harum.

source: https://www.cleanipedia.com

4. Jangan Mengisi Penuh Mesin Cuci

Kapasitas mesin cuci yang kamu punya harus diperhatikan ya, karena setiap mesin cuci mempunyai ruang yang berbeda - beda. Kapasitas dari jumlah pakaian dengan ruang kosong pada mesin cuci juga tidak sama. Demikian juga dengan jumlah debit air dan pakaian yang ada pada setiap mesin juga berbeda. Ikuti petunjuk pemakaian mesin cuci agar mendapatkan pakaian yang bersihnya maksimal, selain tidak membuat mesin cucimu cepat rusak karena kelebihan kapasitas ya.

source: http://style.tribunnews.com
baca juga

5. Segera Jemur Pakaian

Walaupun di musim hujan, jangan tinggalkan pakaian di dalam mesin cuci berlama-lama dalam keadaan lembap ya. Karena dalam hitungan waktu, pakaian yang basah dan lembap akan menimbulkan bakteri yang akan membuat pakaianmu beraroma tidak sedap alias apek. Segeralah angkat pakaianmu dan jemur dengan benar.

source: https://www.brilio.net

6. Menjemur Dengan Benar

Kalau kebetulan cuaca terang, jangan menjemur di bawah terik matahari langsung ya. Aroma pewangi yang sudah kamu beri saat mencuci akan hilang sama sekali. Aroma sinar matahari akan menjadikan pakaianmu mempunyai bau matahari yang tak sedap, selain membuat warna pakaianmu lebih cepat kusam tentunya. Sebaliknya saat musim hujan,
carilah tempat yang teduh, namun bukan lembap ya. Agar pakaianmu kering dengan sempurna, sebaiknya kamu menggantung pakaian atau menjepit pakaian. Cara ini akan membuat pakaianmu lebih cepat kering.

source: https://www.cleanipedia.com

7. Setrikalah Pakaian Dengan Suhu Normal

Sebaiknya kamu tidak menyetrika pakaian dengan suhu tinggi, kecuali bahan tertentu seperti jaket. Setiap bahan mempunyai perlakuan yang berbeda pula dalam menyetrikanya. Perhatikan suhu panas dan tetap jaga temperature agar mendapatkan panas yang stabil di setiap pakaian. Suhu yang terlalu panaspun akan membuat pakaianmu mempunyai bau tak sedap. Baik juga kamu menyemprotkan pewangi khusus yang dapat digunakan saat menyetrika. Niscaya pakaianmu akan tetap harum dengan kesegaran alami.

source: http://www.bisnishack.com/2014/09/7-langkah-menyetrika-pakaian-dengan.html