Rules


source: https://www.youtube.com/watch?v=W8RcZGWqkhY


Pertama-tama, ada 5 hal wajib yang harus kamu patuhi agar tantangan ini berhasil, yaitu:

1) Makan whole foods. Yang dimaksud whole foods adalah bahan dasar seperti oats dan bukan makanan olahan seperti kue muffin. Pilih makanan yang mengandung bahan-bahan dasar dan alami. Sebaliknya, hindari makanan yang mengandung sesuatu yang terdengar asing untukmu karena bisa saja bahan-bahan kimia tersebut berbahaya yang ditambahkan untuk menambah cita rasa.

2) Makan sesederhana mungkin. Kamu harus ingat bahwa makanan sehat tidak terdiri dari banyak bahan. Yang terpenting adalah kandungan protein, lemak, dan karbo tetap pada takaran secukupnya. Contohnya, kamu hanya perlu menumis udang dan sayuran menggunakan minyak wijen sebagai lauk. 

3) Makan pelan-pelan. Pastikan makananmu benar-benar hancur sebelum masuk ke dalam perut. Jangan mengunyah terlalu cepat lalu langsung menelannya begitu saja karena hal ini bisa menyulitkan organ untuk mencerna makanan. Nah agar kamu tidak merasa bosan ketika mengunyah makanan, biasakan kamu merasakan tekstur dan rasa makanan. Hal ini bisa menambah pengetahuan kamu, loh!

4) Makan pada waktunya. Jam makan kamu harus setidaknya diberi jarak selama 4 jam. Setelah makan pagi, tunggu minimal 4 jam sesudahnya baru kamu bisa makan siang. Setelah makan siang, tunggu 4 jam berikutnya untuk makan malam. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan kamu lebih lancar dan rasa lapar lebih terkontrol.

5) Dengarkan apa kata tubuhmu. Makan hanya pada saat kamu membutuhkannya dan berhentilah makan saat nutrisi seharian kamu sudah terpenuhi atau sudah kenyang. Jangan makan berlebihan. Kebiasaan kita adalah selalu lapar seketika ketika mencium aroma menggiurkan padahal kita sudah makan banyak sebelumnya.
 

Day 1

3x Makan + 1x Snack

Makan Pagi: Pilih makanan yang mudah dibuat seperti quaker oats dan soy milk. Kamu bisa juga menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan.

Makan Siang: Makan makanan berat seperti biasa namun dengan takaran yang seimbang antara sayuran dan daging. Nasinya hanya cukup semangkuk saja. Kamu bisa juga memilih salad dengan tambahan apukat dan jus lemon.

Snack: Siramkan madu pada yogurt kemudian tambahkan potongan pisang dan kacang almond.

Makan Malam:  Makanan berat seperti biasa dengan jumlah yang seimbang untuk daging dan sayuran.
 

source: https://food52.com/blog/9844-how-to-make-overnight-oats-without-a-recipe


 

baca juga

Day 2

Makan Malam: Menu quinoa dengan aroma segar daun mint dan jus lemon. Gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau wijen. Tambahkan bahan lainnya seperti baby tomato, kacang polong dan daun bawang.
 

source: http://www.cookinglight.com/food/recipe-finder/cooking-with-quinoa/beet-blood-orange-kumquat-quinoa-salad-recipes


 

Day 3

Makan Malam: Tuna Lettuce Wraps with Basil Pesto and Couscous. Terdengar yummy, bukan? Campur daging tuna yang sudah hancur, basil pesto, tomat kering dan coucous lalu bungkus dengan daun selada.
 

source: http://www.cindysrecipesandwritings.com/tuna-couscous-salad-reciperedux/


 

baca juga

Day 4

Makan Malam: Mexican Salad with Corn, Avocado, Beans, and Lime. Campur apukat dengan bawang, tomat, cilantro dan jeruk nipis. Tambahkan daun selada yang sudah tersobek-sobek. Dapat juga menambahkan kacang-kacangan lainnya untuk tampilan yang lebih berwarna.

source: http://www.seriouseats.com/recipes/2013/06/black-bean-corn-red-pepper-salad-lime-cilantro-vinaigrette-recipe.html

Day 5

Makan Malam: Seared Shrimp in Coconut Oil. Masak udang dengan minyak kelapa dan tambahkan dengan parutan jahe dan dan scallion. Letakkan di atas daun selada dan hias sesukan hatimu.
 

source: https://cooking.nytimes.com/recipes/1013490-sauteed-shrimp-with-coconut-oil-ginger-and-coriander


 

Day 6

Makan Malam: Spaghetti Squash with Garlic, Mushrooms, Tomato and Feta. Tumis bawang bombai, bawang putih, jamur, dan tomat dengan minyak zaitun. Kecilkan api agar tetap hangat. Campurkan spaghetti yang sudah matang ke dalam lalu aduk hingga merata. Sajikan dengan parutan keju.
 

source: http://www.wellplated.com/roasted-spaghetti-squash-parmesan-mushrooms/


 

Day 7

Makan Malam: Pineapple Chicken with a Twist. Cara membuatnya, tumis paprika lalu tambahkan bubuk cabai merah dan minyak wijen. Tambahkan daging ayam dan buah nanas yang sudah dipotong dadu. Hidangkan bersama semangkuk nasi.
 

source: https://paleoleap.com/chicken-pineapple-stir-fry/


Sluuurp! Walaupun diet, kamu masih tetap bisa makan enak bukan?