Gunakan Conditioner

Keramas adalah salah satu langkah pertama dalam merawat rambut agar senantiasa bersih. Waktu terbaik untuk melakukan keramas adalah setiap 3 hari sekali ketika kulit kepala mulai kotor. Namun, sering kali kamu melupakan untuk menggunakan conditioner setelah keramas. Conditioner sangat penting untuk merawat kesehatan dan kelembutan rambutmu. Namun, kamu tetap harus hati-hati dalam memilih conditioner karena ada beberapa kandungan conditioner yang justru membuat rambut terasa semakin kering dan mudah patah.
Pilihlah conditioner yang terbuat dari bahan alami dan memang ditujukan untuk merawat rambut rontok.

source: http://www.womenfashion.tips/tag/hair-conditioner/

Bahan berikut ini harus kamu hindari dalam list produk perawatan rambut di rumahmu :

  1. Propylene glycol
  2. Polyethylene glycol
  3. Natrium lauril sulfat
  4. Sodium laureth sulfat
  5. Formaldehida

Pilih Serum Rambut

Setelah membersihkan rambut dan menggunakan conditioner kamu merasa perawatan rambut sudah cukup? Oh jangan salah. Serum rambut sangat penting untuk merawat bagian batang rambut agar tidak mudah patah. Setelah rambut setengah kering, pastikanlah menyemprotkan atau mengoleskan serum rambut ke bagian batang rambut sampai ujung rambut. Jangan menuangnya di kulit kepala karena sama seperti kamu menyiram orang yang haus dengan air tidak akan melepaskan dahaga.

source: http://youmeandtrends.com/top-best-serum-hairs/
baca juga

Masker Rambut

Keramas, conditioner, serum apa sudah cukup? Hmm, sebenarnya untuk perawatan dasar ketiga tahap tersebut sudah cukup. Namun jika kamu ingin mendapatkan rambut sehat bebas rontok maka sebaiknya gunakanlah masker rambut setiap 2 minggu sekali.
Tidak perlu produk mahal, kamu dapat membuat masker rambut dari daging lidah buaya yang dihaluskan dan ditetesi minyak zaitun kemudian olesakan ke seluruh bagian rambut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum kamu mencucinya.

source: http://www.naturallycurly.com/recipes/view/412-rehab-hair-mask-mask

Lidah buaya memiliki khasiat untuk menguatkan akar rambut sementara minyak zaitun berfungsi untuk melembutkan rambut. Jangan terlalu banyak memberikan minyak zaitun karena minyak berpotensi untuk menimbulkan ketombe pada kulit kepala. 2- 3 tetes saja sudah cukup untuk sekali melakukan masker rambut.

Keringkan Rambut Sebelum Berhijab

Mengeringkan rambut adalah hal yang sudah biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah kamu jika hair dryer sebaiknya tidak kamu gunakan untuk mengeringkan rambut karena panas yang berlebih akan merusak kelembapan rambut membuatnya mudah patah.
Gunakanlah kipas angin untuk mengeringkan rambut karena kipas angin tidak akan mengirimkan suhu panas pada rambut yang akan merusak kelembapannya. 

source: http://stillblondeafteralltheseyears.com/2011/07/women-over-45-combating-heat-related-illnesses/

Pastikan rambut kamu benar- benar kering sebelum kamu memakai hijab. Menggunakan hijab saat rambut masih lembab akan berpotensi menimbulkan ketombe.
So, girls cintai rambut indahmu mulai sekarang!