source: http://www.realstylenetwork.com/



Mengetahui Tipe dan Tone Kulit


Sudahkah kamu mengetahui apa jenis kulit dan undertone yang kamu miliki? Sebelum mengunjungi konter kosmetik, hendaknya kamu memahami karakteristik kulitmu untuk menentukan tekstur, hasil akhir atau shade makeup yang benar-benar kamu butuhkan. Perlu kamu ingat, mendapatkan hasil makeup yang flawless selalu dimulai dari produk kosmetik yang mengakomodasi complexion wajahmu. Jadi, pelajari karakteristik kulitmu mulai dari sekarang.

baca juga



Memahami Hasil Akhir Makeup yang Diinginkan


Bedakan antara kebutuhan maupun keinginan dari hasil makeup yang kamu miliki. Pasalnya, nggak semua hasil akhir makeup yang ngehits dapat kamu aplikasikan pada wajahmu. Misal, kamu ingin mendapatkan dewy look, tapi tipe kulit wajahmu berminyak. Hal tersebut sangat nggak disarankan, karena akan membuat wajahmu seperti kilang minyak! Well, itulah mengapa kamu perlu mengetahui hasil akhir makeup yang sesuai dengan kebutuhan wajahmu.



Menemukan Shade yang Cocok dengan Skin Tone dan Undertone


Nah, setelah kamu menemukan jenis skin tone dan undertone kulitmu, kamu dapat dengan mudah menemukan shades untuk membuat complexion wajahmu tampak lebih natural. Here's your guide!

Fair Skin Tone
Akan lebih baik jika kamu memilih warna-warna yang lebih mengarah ke cool undertone seperti pale blue, lavender, atau soft pink.

Medium to Olive Skin Tone
Jika kamu memiliki tipe kulit berikut ini, nggak ada salahnya untuk mencoba jewel tones. Misalnya, emerald green dan safir, atau juga warm metallic seperti gold atau bronze.

Darker Skin Tone
Jangan takut untuk bermain dengan warna cerah seperti coral, charcoal atau plum yang bikin look-mu terlihat lebih seksi.

baca juga



Memprioritaskan Pembelian Makeup yang Paling Dibutuhkan


Belanja makeup secara online bisa menjadi semacam jebakan jika kamu tak memiliki tujuan spesifik dalam membeli makeup. Apalagi jika ada produk kosmetik baru yang sedang gencar dipromosikan, malah bikin dompet kamu jebol. Makanya, buatlah daftar kebutuhan makeup yang mendesak dan terpenting. Utamakan pada produk yang sering cepat habis.  Kemudian, dalam list-mu, pastikan semua kebutuhan makeup paling utama telah terpenuhi.



Do Research!


Sebelum kamu memutuskan untuk membeli makeup, sebaiknya pikirkan untuk membeli makeup yang benar-benar recommended untuk jenis kulitmu. Nggak ada salahnya untuk mengecek kandungannya lebih detil maupun feedback positif dari review-review produk yang kamu incar. Selain itu, jika kamu memiliki waktu cukup luang, pergilah ke konter makeup dan langsung tanyakan pada beauty assistant yang akan memandumu untuk memilih makeup yang tepat. 



Membaca Ketentuan Pembelanjaan Makeup


Inilah tips terpenting dan jangan sampai kamu lewatkan saat membeli makeup. Yap, kamu harus mengetahui sistem pembelian makeup pada store yang kamu tuju. Terutama, pada ketentuan pengembalian produk semisal barang yang kamu beli ternyata tidak cocok. Dengan begitu, kamu nggak akan terlalu kecewa jika terlanjur membeli barang yang kurang cocok untukmu. Yes, you have to fight to find good makeup, ladies! Good Luck!