Beautynesian! Kamu harus bangga jika kamu memilki kulit berwarna sawo matang. Kulit yang tidak terlalu gelap dan terang ini memiliki banyak kelebihan. Warna dasar kulitmu membuat kamu terlihat sehat dan jauh dari pucat. Bahkan jika kamu memliliki kulit berwarna sawo matang, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak effort untuk menampilkan sisi eksotis dengan sedikit sentuhan tanned yang terdapat dalam warna kulitmu. Namun terkadang, kamu menjadi bingung harus menggunakan makeup seperti apa karena warna kulit yang tergolong in between. So, here comes the solution for your problem!



Pilih Foundation yang Sesuai dengan Undertone Kulitmu!

Undertone itu berbeda dengan warna kulitmu. Salah satu cara mengetahui apa undertone kulitmu adalah dengan menjawab dua pertanyaan ini.

1. Apakah kamu lebih cocok menggunakan warna perak atau emas?

Well, jika kamu lebih cocok menggunakan warna emas, kamu memilliki warm undertone, dan sebaliknya, jika warna perak lebih pas untukmu, maka kamu memiliki cool undertone.

2. Apakah saat terkena cahaya matahari kulitmu menjadi merah karena terbakar atau berubah menjadi lebih gelap?

Kalau sebagian kulitmu terbakar maka kamu memilki cool undertone, sedangkan jika kulitmu menjadi tanned berarti kamu memilki undertone yang warm.

Tapi kalau kamu merasa undertone-mu bukan cool ataupun warm, bisa jadi kamu memiliki undertone yang netral. Cek gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya yah!
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=aQrSaLSRVJA


Nah, kalau kamu sudah yakin apa undertone kulitmu, memilih foundation yang cocok bukan lagi masalah!

baca juga



Bermainlah Dengan Corak Eyeshadow-mu!

Setelah memilih foundation yang match, hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah warna eyeshadow-mu. Bagi kamu yang memiliki undertone hangat, warna-warna perunggu kecoklatan dapat memberi penegasan pada matamu. Untuk pagi hari pilihlah corak eyeshadow yang lebih cerah dan gunakan smokey eyes pada malam hari. Sedangkan warna-warna lavender atau abu-abu cocok untukmu yang memiliki cool undertone.
 

source: https://missnattysbeautydiary.com/2012/04/18/step-by-step-golden-bronze-eyeshadow-tutorial/
source: https://id.pinterest.com/MissChela84/fabulous-make-up/
baca juga



Jangan Lupa Blush On!

Memilih warna blush on memang agak tricky, Beautynesian. Terkadang, corak yang cerah dapat membuatmu terlihat lelah dan pucat, sedangkan warna blush on yang lebih gelap akan tampak tidak natural. Well, ternyata tipsnya adalah memilih corak rosy pink untuk kamu yang memilki cool undertone, dan warna peach buat kamu yang memilik undertone sebaliknya. Kuncinya adalah menonjolkan warna kulitmu tanpa harus terlihat berkilau berlebihan atau bahkan terlalu gelap.
 

source: https://www.makeupgeek.com/content/articles/cool-vs-warm-whats-your-undertone/



Last But Not Least, Lipstick!

Memilih corak lipstik untuk warna kulitmu ternyata cukup mudah lho. Pakailah corak warna mulai dari pink muda hingga pink tua. Tapi jangan lupa kalau kamu ingin memilih lipstik berwarna nude, tetap sesuaikan dengan undertone-mu ya! Warna lipstik nude yang benar-benar plain akan terlihat pucat untuk kamu yang memiliki cool undertone, jadi pilihlah warna nude yang memiliki sedikit sentuhan pink. Tapi kalau kamu memilki warm undertone, kamu nggak perlu ragu untuk memilih warna beige!
 

source: https://id.pinterest.com/janepriesmeyer/warm-tones-yellow-undertone/


Gimana, nggak bingung lagi kan, Beautynesian? It's time to show your spark!