1. Pori-Pori Wajah Tersumbat

Jangan hanya membersihkan wajah dari kosmetik yang digunakan sehari-hari. Tapi perhatikan juga peralatan kosmetik seperti kuas yang sering kamu gunakan. Kotoran atau partikel halus yang tertinggal dan menempel pada kuas dapat menyumbat pori-pori wajah. Hal ini bisa menyebabkan kulit wajah meradang dan berjerawat. Bila kamu merasakan kulit berjerawat tak kunjung reda setelah memakai berbagai macam perawatan, bisa jadi pertanda nih bahwa perlatan makeup yang kamu gunakan sudah kotor.  Nah, saatnya mulai memperhatikan kebersihan kuas makeup ya. 
 

source: http://lifestyle.okezone.com/read/2016/09/19/194/1492835/ini-yang-terjadi-jika-pori-pori-wajah-tersumbat

2. Infeksi

Tahukah kamu bahwa alat makeup yang kotor ternyata bisa menyebabkan infeksi bakteri. Bukan hanya menimbulkan jerawat, peralatan makeup menyimpan bakteri E. Coli, Staphylococcus, streptococcus, jamur hingga virus. Bila bakteri ini menempel pada wajah tentunya dapat menimbulkan infeksi bakteri. 
 

source: http://blogkirs.blogspot.co.id/2013/10/penyebab-kulit-wajah-kusam-iritasi-dan.html
baca juga

3. Iritasi

Kulit sensitif sangat mudah mengalami reaksi kulit terutama dari alat makeup yang kotor. Iritasi biasanya ditandai dengan gatal, kemerahan dan kering di beberapa bagian wajah. Sebaiknya bersihkan alat makeup secara teratur bila tidak ingin bakteri terus menumpuk pada alat makeup. Semakin sering digunakan bakteri akan menempel pada wajah dan menyebabkan iritasi kulit. 
 

source: https://cantik.tempo.co/read/news/2016/11/07/342818228/bedanya-iritasi-dan-alergi-karena-kosmetik

4. Kulit Keriput

Perlu diperhatikan ternyata alat makeup yang kotor bisa membuat kulit mudah keriput. Kuas makeup yang terpapar pada kulit terus-menerus membuatnya stress akibat adanya radikal bebas. Keadaan ini dapat merusak kolagen sehingga elastisitas kulit berkurang dan kulit mudah muncul garis-garis halus. 
 

source: http://www.ramuanalami.co.id/2015/09/cara-menghilangkan-keriput-pada-kulit_18.html
baca juga

5. Konjungtivitis

Bukan tidak mungkin bahwa kuas yang kotor ternyata bisa menimbulkan bahaya pada mata seperti infeksi membran mata (konjungtivitis). Infeksi mata ditandai dengan mata merah dan terasa nyeri. Penyakit ini bisa timbul karena kontak antara mata dengan debu, kotoran, bakteri maupun virus. 
 

source: http://www.alodokter.com/konjungtivitis

Sebaiknya cuci peralatan makeup seperti kuas ataupun spons setidaknya seminggu sekali. Alat makeup yang bersih justru membuatmu lebih nyaman dalam ber-makeup. Riasan wajah jadi mudah di blend dan tingkat ketebalannya jadi lebih rata saat mengaplikasikan makeup.