Jika berbicara mengenai skincare Korea bisa jadi istilah 'sky is the limit' adalah kalimat yang tepat. Hal ini dikarenakan brand - brand Korea memang tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan produknya terutama dalam hal ingredients. Mereka selalu ingin memastikan bahwa produk yang akan diluncurkan memang terbuat dari ingredients yang memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Pada tahun 2017, produk skincare Korea akan didominasi oleh produk - produk yang terbuat dari natural ingredients, terutama dari tumbuh - tumbuhan.

"Skincare dan makeup asal Korea ingin lebih menonjolkan sisi kecantikan alami seseorang daripada berusaha untuk menutupi kekurangan pada wajah. Orang Korea lebih suka menggunakan bahan yang alami dan secara konsisten berusaha menemukan formula skincare yang tepat dengan bahan - bahan natural tersebut, mereka lebih memilih produk yang aman namun efektif daripada perubahan yang terlalu drastis" - Sarah dan Christine, founder Glow Recipe
source: http://www.teenvogue.com/story/korean-skincare-meets-natural-beauty

Natural ingredients yang digunakan pada produk skincare Korea umumnya adalah bahan - bahan yang bisa membuat kulit terlihat lebih muda, lebih sehat, dan lebih cerah. Beberapa kandungan yang akan populer di tahun 2017 ini diantaranya adalah Yuza, Bamboo, Royal Honey, Pearl, dan Birch Juice. Yuk kita bahas satu persatu.

Yuza

Yuza (atau di Jepang disebut dengan Yuzu) adalah sejenis buah jeruk yang mengandung kadar vitamin C tinggi yang banyak tumbuh di dataran Asia Timur atau lebih tepatnya di daerah Pulau Jeju. Awalnya buah ini hanya digunakan pada masakan Korea, Cina, dan Jepang, namun saat ini penggunannya mulai merambah ke dunia kecantikan. Sari buah ini digunakan sebagai bahan dasar produk skincare karena tidak hanya mampu mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan melindungi kulit dari tanda - tanda penuaan dini, namun juga memiliki aroma yang menyegarkan sehingga menimbulkan kenyamanan setiap kali digunakan.

"Yuzu adalah salah satu buah jeruk Asia favorit saya karena aroma dan rasanya" - Mindy Yang, founder TheArtOfLiving.Earth.
source: http://theklog.co/perks-yuza-skincare/

Produk apa yang menggunakan ekstrak Yuza?

Erborian Yuza Double Lotion
Erborian Yuza Double Lotion adalah skincare berbentuk lotion yang digunakan sesaat setelah membersihkan wajah. Produk ini menggunakan sari buah Yuza sebagai kandungan utamanya untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah, lembab, dan sehat. Produk ini belum masuk ke Indonesia namun di Korea sendiri dijual dengan harga sekitar Rp.480.000 untuk kemasan 165ml.

baca juga
source: http://theklog.co/skin-care-ingredient-trends-2017/
dan masih banyak produk lain yang juga mengandung ekstrak Yuza.

Bamboo

Di Korea sendiri sangat mudah menjumpai produk yang memiliki kandungan Bamboo karena memang banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh kulit dari esktrak yang satu ini. Bamboo terkenal memiliki sifat seperti obat yang dapat menyembuhkan infeksi kulit lebih cepat dari biasanya, selain itu bamboo juga memiliki kandungan anti oksidan yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit, melembabkan kulit, dan mengandung melamin yang dapat memudarkan dark spot pada wajah. Banyak sekali bukan manfaatnya? Berikut adalah salah satu produk yang mengandung ekstrak bamboo.

Tony Moly Pure Eco Bamboo Cool Water Soothing Gel

Produk ini merupakan multi-soothing gel yang dapat digunakan pada seluruh bagian kulit yang sedang kering maupun iritasi. Terbuat dari 99% sari damyang bamboo membuat produk ini dapat melembabkan dan menyegarkan kulit. Sensasi dingin yang dihasilkan dari bamboo bisa digunakan untuk merelaksasikan kulit yang terbakar matahari. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp.85.000 untuk kemasan 300ml.

source: http://en.koreadepart.com/item/1433741651/tony-moly-pure-eco-bamboo-cool-water-soothing-gel
baca juga

Royal Honey

Brand - brand Korea terus mengembangkan varian madu yang digunakan pada produknya. Di tahun 2017 ini mereka akan lebih banyak menggunakan royal honey, yaitu madu yang sudah difermentasikan minimal selama 60 hari. Kandungan air dalam royal honey memang lebih sedikit namun royal honey mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan asam amino sehingga akan lebih banyak nutrisi yang dapat diserap oleh kulit. Selain itu, royal honey juga mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi sehingga dapat membantu penyembuhan luka maupun iritasi kulit. Lalu produk apa yang mengandung royal honey?

Skinfood Royal Honey Hydro Cream

Skinfood Royal Honey Hydro Cream adalah hydrating cream yang ekstrak royal black honey dan royal jelly yang dapat melembabkan kulit dan membuat tampilan kulit menjadi halus dan glowing. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp.200.000 untuk kemasan 55 gram.
source: https://www.koreasnbymalaysia.com/product/skinfood-royal-honey-hydro-cream-malaysia-indonesia-singapore-brunei/

Pearl

Pearl atau mutiara banyak digunakan dalam produk skincare karena dipercaya mampu mencerahkan kulit dan kaya akan vitamin. Ekstrak mutiara dapat mencerahkan kulit karena mengandung kristal - kristal yang dapat memantulkan cahaya sehingga tidak heran jika kulit menjadi cerah seketika. Selain itu, kandungan kalsium, antioksidan, dan asam amino di dalam pearl juga mampu mengencangkan dan memperbaiki tekstur kulit. Penggunaan skincare dengan kandungan pearl secara berkala diyakini dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih sehat. Berikut ini adalah salah satu korean skincare yang mengandung ekstrak mutiara atau pearl.

Etude House Pearl Aura Brightening Essence
Etude House Pearl Aura Brightening Essence membantu kulit tampak lebih cerah dan bersinar karena mengandung Tahiti Black Pearl dan Aurora Particle. Tidak hanya cerah namun kulit juga terasa lebih lembab. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp.180.000 untuk kemasan 100ml.

source: https://www.etude.com.my/sdetail/1/6102581402

Birch Juice

Belakangan ini brand - brand  kosmetik asal Korea menggunakan coconut water sebagai pengganti air dalam komposisi produknya. Namun di tahun 2017 ini Birch Juice bisa dibilang akan menjadi pengganti dari coconut water karena memiliki manfaat yang sama untuk kulit namun dengan kadar kandungan asam amino, gula, dan mineral yang lebih tinggi. Birch Juice sendiri berfungsi untuk menjaga kelembaban dan menjaga minyak alami yang terdapat pada kulit. Produk apa yang sudah menggunakan birch juice dalam kandungannya?

Holika Holika Forever Bright Birch Aurora Essence
Holika Holika Forever Bright Birch Aurora Essence adalah essence yang mengandung birch juice dan ekstrak xylitol yang tidak hanya mampu memberikan kelembaban kulit namun juga mampu mencerahkannya. Selain itu kandungan ekstrak hibiscus nya juga mampu memperbaiki tekstur kulit. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp.300.000 untuk kemasan 50ml di beberapa online shop, namun harga di website atau toko resminya bisa lebih mahal ya beautynesian.

source: http://www.holikaholika.co.id/product-detail/holika-holika-forever-bright-birch-aurora-essence/155

Nah sudah adakah skincare mu yang mengandung ingredients diatas?