Apa kamu tahu kalau payudara itu tidak tersusun dari otot? Dalam payudara hanya terdapat jaringan lemak, jaringan stromal atau penguat, jaringan konektif seperti pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan syaraf. Selain itu terdapat juga jaringan glandular atau yang sering disebut dengan kelenjar susu. Nah, selama hamil payudara akan mengurangi jaringan lemaknya dan menyisakan ruang untuk kelenjar yang memproduksi ASI. Ya! kelenjar yang menghasilkan ASI adalah kelenjar susu. Seiring dengan bertambahnya kandungan kelenjar susu, berat payudarapun semakin bertambah, sehingga payudara akan terlihat kendur.

Sudah tahu penyebabnya kan? Yuk, sekarang langsung aja baca tips-tips untuk mengatasi payudara kendur di bawah ini!


Perhatikan Pola Makan

Selain untuk nutrisi si baby, ternyata pola makan juga mempengaruhi kondisi payudaramu. Melakukan diet yang benar akan menimbulkan kulit yang sehat dan baik untuk jaringan konektif. Pada dasarnya, kamu memerlukan makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh yang rendah karena lemak jenuh diperlukan untuk menjaga elastisitas dan kekencangan payudara. Jadi hati-hatilah dalam memilih diet, jangan sampai kamu kehilangan nutrisi yang sebenarnya diperlukan untuk mencegah payudara kendur.

Kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin B dan E. Selain itu tidak ada salahnya kalau kamu sering mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan.

source: http://www.firdaus45.com/2016/02/makanan-untuk-ibu-menyusui-yang-wajib-dikonsumsi.html
baca juga


Gunakan Krim Payudara

Kamu juga perlu menjaga kelembaban payudaramu saat menyusui. Mengapa? karena saat kelembaban terjaga, payudaramu akan tetap elastis. Gunakan minyak yang mengandung vitamin E, shea butter atau olive oil. Kamu juga bisa membuat krim payudara DIY yang berbahan dasar timun dan kuning telur. 

Karena payudara membutuhkan treatment khusus dan bersifat sensitif maka diperlukan cara yang benar untuk mengaplikasikan krim pelembab. Krim payudara paling baik digunakan saat malam hari sebelum tidur agar peredaran darah berjalan lancar di sekitar payudara. Dengan lancarnya peredaran darah, maka oksigen yang dibutuhkan payudara akan tercukupi. Oleskan krim pelembap sambil memijat payudara untuk hasil yang sempuna, dan lakukan paling tidak dua hari sekali.
 

source: http://khurki.net/care-for-breasts/


Pijat dengan Air Hangat dan Dingin

Selain memijat dengan menggunakan krim, kamu juga dapat melakukan pemijatan payudara saat hanya dengan menggunakan air.  Kamu bisa menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air hangat lalu memijat payudara menggunakan es batu dengan gerakan melingkar. Supaya sensasi dingin dari es batu tidak menimbulkan mati rasa, jangan lakukan pemijatan lebih dari satu menit . 

Kalau tidak mau repot, kamu juga bisa melakukan pemijatan secara otomatis saat mandi. Mandi menggunakan air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah, sedangkan mandi menggunakan air dingin akan membantu menguatkan kulit payudara. Perlu diingat, pertama-tama mandilah dengan menggunakan air hangat terlebih dulu, baru bilas dengan air dingin. 

source: http://kitchenbathroomfixtures.com/very-beautiful-girl-in-hot-bath-showers.html
baca juga


Tetap Berolahraga

Memang ibu yang sedang menyusui bayinya terkadang tidak memiliki waktu banyak untuk berolahraga. Namun, olahraga yang rutin tetaplah penting. Konsultasi dengan doktermu kapan kamu boleh mulai berolahraga. Olahrga akan menghilangkan lemak yang diperoleh saat kamu hamil. Dengan menurunnya berat badan, otomatis badanmu juga akan menjadi kencang dan payudara akan tetap terjaga kekencangannya saat kamu menyusui.

Mulailah dengan olahraga yang mudah dan praktis seperti jalan sehat, jogging, atau berenang. Yoga juga olahraga yang baik untuk ibu yang sedang menyusui. Jika ada, kamu bisa mengikuti kelas yoga khusus ibu yang sedang hamil dan menyusui. Selain berolahraga, kamu bisa berbagi pengalaman dan cerita saat merawat buah hati.

Hal yang kamu perlukan berikutnya adalah cukup melakukan olahraga secara rutin dan perlahan. Karena, melakukan olahraga yang berat dan mengalami penurunan berat badan yang cepat, hanya akan menghasilkan kulit yang kendur. Percuma saja kan? Jadi mulailah dengan olahraga yang ringan.

source: http://bodysculptor.in/breastfeedingexercise-and-diet-10-myths/


Ketahui Posisi yang Benar Saat Menyusui

Perlu kamu ketahui kalau posisi menyusui itu sangat penting. Hindari menyusui dengan mencondongkan payudaramu ke bayi yang berada di posisi lebih rendah dari payudara. Jika kamu menyusui dengan posisi tertidur, gunakan sesuatu untuk menyanggah kepala bayi agar sejajar dengan tinggi payudara. Selain membuat payudaramu terlihat jatuh, menyusui dengan posisi bayi lebih rendah dari payudara juga berbahaya lho. Jika sang bunda tertidur terdapat kemungkinan payudara menutupi permukaan wajah dan hidung sang bayi sehingga menyebabkan bayi susah bernafas.

source: http://www.huffingtonpost.com/diana-west/smart-bedsharing-gives-br_b_5662733.html


Gunakan Bra yang Tepat

Jenis bra yang tepat akan membantu kamu menopang payudara secara maksimal, dan menjaga payudara tetap kencang. Pilihlah bra yang sesuai dan tidak terlalu kencang. Memang bra tidak bisa merubah ukuran dan berat payudaramu, tetapi bra bisa mencegah payudara yang kendur karena gravitasi. Kamu bisa mencari bra khusus menyusui supaya mendapatkan ukuran bra dan bentuk yang sesuai payudaramu. Kalau perlu gunakanlah bra setiap saat bahkan saat tidur.

source: http://prenagen.com/tips-memilih-bra-untuk-ibu-menyusui

Menjaga agar payudara tidak kendur ternyata tidak sesulit yang kamu kira. Asalkan rajin merawatnya kamu pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik. Good luck!