Kondisi udara di musim dingin yang cenderung kering membuat kulit terancam kehilangan kelembaban alaminya. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut ada baiknya siapkan beberapa skincare berikut ini sebelum berangkat berlibur ke negara dengan musim dingin seperti berikut ini:

Lip Balm

Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang paling peka terhadap kondisi lingkungan. Saat musim dingin udara yang berhembus akan terasa jauh lebih kering daripada biasanya sehingga jangan heran jika bibir akan mudah pecah - pecah dan kering. Selain itu, musim dingin biasanya membuat seseorang melupakan salah satu hal penting, yaitu konsumsi air putih.

Ya maklum saja cuaca dingin membuat sesorang tidak banyak berkeringat dan tidak mudah merasa haus. Padahal hal ini dapat berujung pada dehidrasi. Jika tubuh sudah mengalami dehidrasi maka salah satu bagian tubuh yang akan langsung terkena dampaknya adalah bibir. Untuk menghindari kondisi bibir kering, jangan lupa mengoleskan lip balm sesaat sebelum pergi. Pilihlah lip balm yang kaya akan moisturizer seperti Maybelline Baby Lips, Nivea Lip Butter, dan Vaseline Lip Therapy.

source: https://www.top9rated.com/best-lip-balms-for-winter/
baca juga

Hand and Body Lotion

Kulit tubuh juga akan menjadi lebih cepat kering dan bersisik saat berada di kondisi cuaca dengan suhu yang rendah. Sebagai saran, beli hand and body lotion di negara tujuan. Karena hand and body lotion yang dijual secara bebas di Indonesia memang ditujukan untuk negara dengan kondisi iklim tropis. Jika tetap menggunakan hand and body lotion yang dibawa dari Indonesia ditakutkan belum cukup memenuhi kebutuhan kelembaban kulit di musim dingin. Salah satu hand and body lotion yang bisa kamu andalkan adalah Dove Winter Care.
source: http://glow.pl/

Face cream

Menggunakan pelembab untuk wajah di saat musim dingin adalah sebuah keharusan terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Hal ini dikarenakan perubahan suhu yang ekstrim tidak hanya dapat berakibat kulit menjadi kering tetapi bisa juga membuat kulit menjadi terasa perih, seperti tertarik, memerah, hingga memicu tumbuhnya jerawat.

Makanya, pelembab yang baik untuk musim dingin adalah yang mengandung glycerine atau hyaluronic acid yang berfungsi untuk mengambil kadar air dalam udara dan mengikatnya pada jaringan kulit. Bisa juga menggunakan pelembab yang mengandung beeswax, lecithin, petroleum, dan paraffin yang berfungsi sebagai pelindung kulit sehingga dapat menghalangi kemungkinan hilangnya kadar air dan kelembaban kulit. Hindari pelembab yang mengandung banyak pengawet karena hal itu dapat menimbulkan rasa perih ketika bersentuhan dengan kulit dan semakin memperparah iritasi.

source: http://www.rd.com/health/beauty/11-easy-ways-to-winter-proof-your-makeup/
baca juga

Sunscreen

Nah, ini juga penting. Beberapa orang tidak menyadari adanya paparan sinar matahari saat musim dingin sehingga melupakan penggunaan sunscreen. Hal ini benar - benar tidak boleh dilakukan karena matahari tetap memancarkan sinarnya walaupun tidak terasa menyengat.  

Sengatan sinar UV A mungkin memang tidak terlalu terasa saat musim dingin tetap tidak dengan sinar UV B. Sinar UV B tidak dapat tersaring oleh apapun sehingga pancarannya masih membahayakan kulit. Bahkan tanpa disadari, salju yang turun di jalanan saat musim dingin juga dapat memantulkan sinar matahari loh Beautynesian. Jadi pastikan gunakan sunscreen dengan minimal SPF 15 untuk melindungi kulit dari pancaran sinar matahari ya!

source: http://www.ethicare.in/blog/10-tips-for-happy-winter-skin/

Exfoliator

Musim dingin membuat kulit lebih mudah kehilangan kelembabannya sehingga berakibat munculnya kulit - kulit kering yang mengelupas. Selain menggunakan moisturizer lotion atau cream, kita juga perlu melakukan exfoliation atau pengangkatan kulit mati.

Mengapa demikian? Exfoliation dapat mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru sehingga kulit menjadi lebih sehat. Sel kulit mati ini memang perlu diangkat karena dapat memblokir kelembaban kulit yang sangat dibutuhkan di musim dingin. Cukup lakukan exfoliation seminggu sekali.

source: http://www.cbc.ca/life/style/winter-skin-fix-how-to-exfoliate-for-an-all-over-glow-1.3966006

Nah, jangan lupa siapkan semua skincare di atas ya Beautynesian jika akan berlibur ke negara yang sedang mengalami musim dingin. Lebih baik konsisten merawat kulit saat sedang berlibur daripada mengalami masalah setelah kembali ke tanah air. Happy holiday!