1. Pasang LCD Screen Protector

Begitu kamu membeli kamera DSLR, benda pertama yang harus kamu miliki adalah LCD screen protector. Benda kecil ini sangat penting untuk menjaga LCD kameramu dari gesekan-gesekan yang mungkin terjadi jika kamu tidak hati-hati membawanya.
source: http://kamera-digital-keren.blogspot.com/

2. Bersihkan Setelah Digunakan

Benda berikutnya yang wajib kamu miliki adalah cleaning tools kit. Seperangkat alat untuk membersihkan kamera yang terdiri dari cairan pembersih, kain microfiber, kuas lensa, dan lain sebagainya.
source: http://nightonjurnalism01.blogspot.com/2014/06/cara-merawat-kamera.html
Rutin bersihkan kameramu secara menyeluruh setiap kali selesai menggunakannya. Terlebih lagi jika kamu membawa kameramu ke daerah pantai dengan tingkat garam tinggi yang bisa membuat bagian logam dalam kameramu berkarat!
source: http://klikmystore.com/module/stblog/2_tips-membersihkan-kamera-seperti-pro.html

3. Perhatikan Penyimpanan Kamera

Suhu lembab dapat mengakibatkan lensa kameramu berjamur, lho! Jadi siapkan box atau lemari khusus untuk menyimpan kamera yang dapat menjaga suhu tetap dalam kondisi kering. Jangan biarkan suhu tempat penyimpanan kameramu lembab dengan memberi penerangan yang cukup, ya.
source: http://nightonjurnalism01.blogspot.com/2014/06/cara-merawat-kamera.html

3. Perhatikan Cara Membawa Kamera

Sudah terbiasa dengan kamera DSLR bukan berarti kamu boleh membawa kamera dengan sembarangan, ya! Biasanya saat membeli kamera, kamu akan dapat tali kamera di dalamnya. Selalu pasang tali kamera terutama saat kamu sedang hunting, ya.
source: http://www.scarves.net/blog/how-to-make-a-camera-strap-from-a-scarf
Kamu juga perlu punya tas kamera untuk melindungi kamera saat membawanya ke luar rumah. Tas kamera juga membantumu membawa semua perlengkapan memotretmu seperti lensa, tripod, baterai cadangan, charger, dan lain sebagainya.
source: http://www.top10indo.com/2013/05/10-cara-merawat-kamera-dslr.html

5. Perawatan Lensa & Baterai

Lensa adalah benda krusial dari kamera. Sedikit saja ada kotoran yang menempel seperti sidik jari, debu, dan lain sebagainya akan mempengaruhi hasil fotomu! Siapkan lens cap untuk melindungi kaca lensa dari debu dan kotoran, serta lens hood untuk melindungi masuknya cahaya berlebih yang mungkin akan merusak sensor lensa.
source: http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2012/06/16/cara-membersihkan-lensa-kamera-dengan-sederhana-471012.html
Baterai kamera biasanya memiliki daya tahan sampai dengan jangka waktu tertentu. Tapi baterai bisa rusak atau cepat habis jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Biasakan untuk segera melepas baterai jika sudah terisi penuh, serta hindari pemakaian kamera saat baterai sudah mencapai batasnya. Kamu juga sebaiknya melepas baterai dari kamera saat menyimpann untuk menjaganya tetap awet.
source: http://nightonjurnalism01.blogspot.com/2014/06/cara-merawat-kamera.html
Rajin-rajin rawat kameramu, ya! Semoga bermanfaat!