1. Hindari Penyebab Susah Tidur

Banyak hal yang membuatmu cenderung sulit memejamkan mata antara lain dari faktor makanan seperti yang mengandung kafein, alkohol, dan beberapa bahan lain. Selain itu alat-alat elektronik seperti televisi, laptop, dan handphone yang memancarkan radiasi akan mengganggu hormon yang bertugas membuatmu mengantuk. Coba hindari semua hal-hal tersebut agar tidurmu bisa maksimal.
source: http://maduhighdesert.com/sulit-tidur-perhatikan-makanan-berikut-madu-hd/

2. Persiapan Sebelum Tidur

Sejak sore hari perhatikan hal-hal seperti mengatur jam mandi sore dan makan malam, matikan lampu sebelum tidur, dan semua aktivitas dengan gadget. Usahakan mandi 3 jam sebelum tiba waktunya kamu tidur. Mandi sepulang beraktivitas akan menurunkan suhu tubuhmu dan membuatnya rileks, sampai akhirnya membuatmu mengantuk 3 jam berikutnya. Beri jarak minimal 2 jam untuk makan malam sebelum jam tidurmu, agar aktivitas lambungmu berhenti tepat saat kamu akan tidur. Juga jangan lupa matikan lampu untuk mengaktifkan hormon yang mengatur rasa kantuk.
source: http://www.nuga.co/nuga-sehat/tidur-tanpa-cahaya-itu-sehat.html#.VQpS5o6sV2Q

3. Set Alarm Bila Perlu

Jika kamu masih sulit untuk bangun, pasang alarm setidaknya 10-30 menit sebelum jam yang kamu inginkan untuk bangun sebagai estimasi waktu untukmu bermalas-malasan. Lama-kelamaan kamu tidak akan membutuhkan alarm lagi jika sudah terbiasa. Selain itu usahakan untuk mengatur alarm 7-8 jam sebelum kamu bangun untuk mencukupi kebutuhan istirahat tubuh.
source: http://m.dreamersradio.com/lifestyle/article/34670/sulit-bangun-pagi-yuk-coba-4-trik-ini

4. Biarkan Cahaya Masuk

Seperti halnya ruangan gelap dapat mengaktifkan hormon yang membuatmu mengantuk, lampu dan cahaya matahari dapat mengaktifkan hormon yang membuatmu terbangun. Jadi biasakan menyalakan lampu atau membuka jendela segera setelah bangun tidur, ya!
source: http://www.lookbook.id/tips-agar-semangat-bangun-pagi/

5. Lakukan Peregangan

Setelah mengaktifkan hormon yang membuatmu terbangun dengan menyalakan lampu atau membuka jendela kamarmu, lakukan peregangan atau streching agar otakmu dapat mengirim informasi ke seluruh bagian tubuh bahwa kamu telah benar-benar bangun.
source: http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/2/2015/6013/tips-agar-bangun-tidur-anda-terasa-lebih-segar

6. Minum Air Putih

Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur akan membantu tubuhmu terhindar dari dehidrasi karena kehilangan cairan selama kamu tidur. Air juga membantu memperlancar percernaan dan membuang semua yang tak dibutuhkan oleh tubuh.
source: http://tempatbacabaca.blogspot.com/2014/11/manfaat-minum-air-putih-sebelum-dan.html

7. Mandi

Bergegas ke kamar mandi dan nikmati mandi pagi yang segar! Sebaiknya gunakan air dingin untuk memberikan "kejutan" pada saraf-saraf di tubuhmu yang belum benar-benar bangun agar mereka segera siap memulai aktivitas. Nyalakan lampu, lakukan peregangan, lalu pergi mandi. Sempurna!
source: http://ummi-online.com/mandi-pagi-ini-dia-manfaatnya-untuk-kesehatan.html
Coba lakukan tips di atas setiap hari sampai kamu menjadi terbiasa! Semoga bermanfaat, Minasan!