Hayo ngaku, Beautynesian! Siapa yang sering niat untuk pergi berolahraga, tapi pada akhirnya malah berakhir di tempat makan? We've been there. Apalagi kalo lagi CFD-an, bukannya lari tapi malah jajan. Benar nggak? 

Sebenarnya olahraga nggak seberat yang kamu kira kok. Begitu juga kalau kamu memimpikan tubuh yang lentur. Stop dreaming and do it now! Sekarang kamu bisa mewujudkan mimpi kamu tanpa harus repot-repot pergi ke gym atau beli alat olahraga yang mahal. Yaitu dengan melakukan beberapa gerakan stretching yang efektif seperti di bawah ini. Tapi sebelum melakukan beberapa gerakkan stretching ini, kamu hanya perlu menyiapkan alat-alat di bawah ini supaya lebih nyaman. Tenang aja, nggak perlu mengeluarkan budget mahal kok!

  • Yoga mat
  • Training shoes
  • Comfortable exercise outfit
READY? Yuk, mulai stretching!



1. PIKE STRETCH
 

source: http://cheerleading.lovetoknow.com/Cheerleading_Splits_Stretches

Untuk awal-awal, jangan melakukan gerakan yang terlalu sulit dulu yah. Cukup lakukan pike stretch berikut ini dengan duduk di atas yoga mat lalu luruskan kakimu. Setelah kakimu benar-benar lurus, condongkan badanmu ke depan dan berusahalah untuk meraih jemari kakimu. Kamu akan merasakan peregangan pada otot paha, kaki, dan punggung bagian bawah. Supaya gerakan ini lebih sempurna, kamu boleh menegakkan badanmu saat mencoba meraih jemari kaki.
 

baca juga



2. STANDING PIKE STRETCH
 

source: http://www.theactivetimes.com/content/stretches-you-should-never-do-workout/slide-3

Sekarang saatnya melakukan pike stretch to the next level! Yaitu standing pike stretch. Ya, kamu harus melakukannya saat berdiri tegak, lalu bungkukkan badan dan berusahalah untuk meraih kakimu. Lakukan stretching semaksimal mungkin hingga kamu merasakan perenggangan di area punggung dan kaki. Selain peregangan, gerakan ini akan membantu peredaran darahmu mengalir dengan baik sehingga gerakan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.
 



3. ANIMAL-POSE STRETCHING

Sekarang saatnya melakukan gerakan yang lebih rumit yang seringkali disebut animal pose. Gerakan-gerakan seperti binatang di bawah ini bisa bikin tubuh kamu lentur!
 

source: http://yogalb-blog.com/2013/10/
  • Cat stretch - Pertama, ambil posisi seperti saat kamu mau melakukan sit up. Letakkan tanganmu di atas lantai sejajar dengan bahumu. Lalu naikkan punggung ke atas dan tahan, lalu turunkan punggungmu perlahan dan dongakkan kepalamu. Nah, sekarang kamu akan melakukan perenggangan seperti kucing. Pelan-pelan arahkan tanganmu ke depan sampai bahumu menyentuh lantai, lalu naikkan punggung seperti kucing yang sedang stretching

 
baca juga
source: http://www.stylishwalks.com/best-exercises-increase-height-naturally-faster/
  • Cobra stretch - Setelah melakukan cat stretch, posisikan perutmu di atas lantai lalu luruskan siku dan tanganmu seperti melakukan gerakkan sit up. Dan terakhir perlahan luruskan lengan dan tegakkan kepalamu.

 
source: http://naturalhealthyworld.com/hate-crunches-4-simple-exercises-that-will-flatten-your-stomach-faster-and-easier/
  • Swan stretch - Masih dalam posisi tengkurap mirip seperti cobra stretch. Gunakan perutmu sebagai tumpuan untuk menahan berat badan lalu arahkan tanganmu dan kakimu seperti contoh gambar di atas.



4. LUNGE QUAD STRETCH
 

source: http://darebee.com/hive/info/237779-quad-stretch

Perenggangan ini cukup mudah untuk dilakukan beginner. Pasang posisi berlutut di lantai. Lalu gerakkan kaki kanan ke depan hingga posisi lutut menekuk hingga 90 derajat. Letakkan tanganmu di atas lutut sebelah kanan lalu gunakan tangan kirimu untuk meraih pergelangan kaki sebelah kiri. Setelah itu ulangi dengan menggunakan kaki kiri.
 



5. BASKET STRETCH
 

source: https://id.pinterest.com/explore/back-flexibility-stretches/

Siapkan posisi tengkurap lalu tahan badanmu dengan posisi perut di atas lantai, luruskan lututmu hingga mendekati kepala dan coba raih pergelangan kakimu. Lalu angkat pergelangan kakimu menggunakan kaki dan lenganmu. Saat melakukan peregangan ini, badanmu akan membuat bentuk yang terlihat seperti keranjang. Memang agak susah, tapi jika kamu mencobanya secara terus menerus, pasti nanti kamu akan berhasil menaklukan gerakan ini.


Tips: Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin. Meskipun kamu merasa pegal-pegal setelah melakukan perenggangan di atas, keep doing it! itu tandanya otot kamu mulai bereaksi dan lama kelamaan rasa pegalmu akan hilang dan akhirnya tubuh yang lentur akan menjadi milikmu!  Good luck!