Well, merawat rambut kering dan rapuh tidak sesulit yang dibayangkan kok. Patience is the key! untuk memperoleh rambut yang sehat dan kuat kembali, kamu tidak boleh malas untuk rutin merawat rambutmu. Namun, sebelum mengetahui perawatan apa saja yang perlu kamu lakukan, ada baiknya kamu tahu apa saja sih hal yang menyebabkan rambut kamu menjadi kering dan rapuh. Yuk, perhatikan apa saja hal yang tidak boleh kamu lakukan kalau tidak ingin rambut kamu rusak!


Don'ts:
 
source: http://everydayfeminism.com/2014/02/5-reasons-no-children/

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Dear Beautynesian, mengikat rambut memang bisa membuat kepalamu terasa sejuk, but not too tight! pastikan ikat rambut yang kamu gunakan tidak terlalu kencang. Kasihan lho, selain menyakiti kulit kepala, rambut kamu akan protes dan mudah rapuh.

2. Terlalu Sering Terkena Matahari

Bagi kamu yang sering travelling atau beraktivitas di luar ruangan, kamu harus melindungi rambut dari sinar matahari. Eits, bukan berarti kamu harus takut dengan sinar matahari yah! Kamu hanya perlu perlindungan khusus dengan memakai spray anti UV misalnya.

3. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Mungkin hal satu ini yang paling sering membuat kamu salah kaprah. Ternyata, mencuci rambut setiap hari justru membuat rambutmu kehilangan minyak alami dan menjadi kering. So, jangan sering-sering keramas yah, cukup dua hari sekali saja!

4. Menyisir Saat Keadaan Rambut Basah

Stop kebiasaan menyisir rambut dalam keadaan basah! Saat rambut basah, pori-pori di kepalamu akan melebar dan menyebabkan rambut kamu rapuh. Jadi, biarkan rambut kamu sedikit kering dahulu yah, baru deh kamu boleh menyisir.

 
baca juga

Do's:

Nah, sudah tahu kan apa saja yang bisa membuat rambutmu menjadi kering dan rapuh? Now, let's move on to how treat your hair well!
 

source: http://www.mamamia.com.au/girls-body-image/

1. Trim Your Hair Regulary

Meskipun kamu ingin tetap memiliki rambut yang panjang, kamu harus tetap memotong atau merapihkan rambut kamu secara rutin. Minta Beauty Stylist untuk cukup merapihkan rambutmu saja, tidak usah dipotong terlalu banyak kalau kamu tidak menginginkan rambut yang pendek.

2. Gunakan Sampo Khusus dan Conditioner

Wajib bagi kamu yang memiliki tipe rambut kering dan rapuh untuk menggunakan sampo perawatan yang khusus dan mengaplikasikan conditioner setelahnya. Hal ini dilakukan agar rambut kamu terpenuhi nutrisinya dan terjaga kelembabannya.

3. Treat Rambutmu dengan Memakai Hair Mask

Baik ke salon ataupun di rumah, kamu harus rajin-rajin merawat rambutmu dengan menggunakan hair mask khusus rambut kering dan rapuh. Tapi kamu harus sabar yah, karena tidak mungkin hanya dengan mengaplikasikan hair mask sekali rambut kamu langsung berubah menjadi normal.

4. Gunakan Bahan Alami Berikut Ini

Ternyata banyak sekali bahan-bahan alami yang bebas dari zat kimia dan bisa kamu manfaatkan untuk perawatan rambut. Contohnya seperti ramuan alami aloe vera, minyak kelapa, madu. Gunakan ramuan ini sebagai masker rambut tanpa harus takut ada efek samping. Oh iya, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin E agar rambut kamu tetap ternutrisi.

Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat dan mengembalikan rambut normal kalian yah, Beautynesian!