source: http://www.stylecraze.com/articles/take-care-of-makeup-brushes/#gref


Percuma saja, mau semahal apapun makeup yang kamu gunakan, hasilnya pasti tidak akan maksimal jika brush yang kamu gunakan penuh dengan noda. Ingat, hygiene is two thirds of health! Jujur deh, beberapa dari kamu pasti suka lupa untuk membersihkan brush yang sering dipakai sehari-hari. Padahal, kebersihan itu perlu dijaga lho. Jangan biarkan brush makeup kamu tetap kotor dalam waktu yang lama. Kenapa? Karena brush yang kotor bisa menimbulkan efek yang buruk buat kulitmu. Selain membuat hasil makeup menjadi tidak rata, bakteri yang terdapat dalam brush bisa menyebabkan pori-pori wajah tersumbat, iritasi, bahkan infeksi kulit. Ewh, nggak mau kulit kamu jadi jerawatan gara-gara brush kotor?  

Bahkan tidak jarang lho ada beauty enthusiast yang memperlakukan brush makeup bagai memperlakukan baby sendiri. Bagaimana tidak? untuk memiliki brush yang berkualitas baik, diperlukan budget yang cukup mahal. Jadi, pastinya mereka harus rajin menjaga dan membersihkan koleksi brushnya. Kamu pun juga harus hati-hati dalam memilih cara untuk mencuci brush, bukannya jadi bersih, bisa-bisa brush justru jadi rusak. Biasanya, kesalahan yang sering dilakukan dalam proses pencucian adalah merendam brush yang terlalu lama dan mengeringkannya dengan cara yang salah. Namun jangan khawatir, karena beautynesian.id akan memberi tahu hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam mencuci brush. Let's check it out!
 

Bahan - Bahan yang Perlu Disiapkan

1. Wadah atau mangkuk kecil.
2. Sampo bayi (kalau tidak ada, kamu bisa mengganti dengan sabun cair biasa).
3. Air hangat.
4. Handuk kecil.

source: https://intothegloss.com/2015/04/how-to-clean-makeup-brushes/
baca juga


Now, Lets Follow the Steps!

Step 1:
Tuangkan air hangat ke dalam mangkuk yang sudah disediakan. Lalu teteskan sampo bayi secukupnya. Oh iya, pastikan suhu air tidak terlalu panas yah!

Step 2: Tidak perlu direndam, cukup celupkan brush yang ingin kamu cuci ke dalam mangkuk. 

Step 3: Putar-putar brush yang sudah kamu celupkan tadi diatas telapak tanganmu.

Step 4: Ulangi step di atas beberapa kali hingga air dari bilasan brush crystal clear.

Step 5: Keringkan brush dengan cara meletakannya di atas handuk kecil.

P.s.: Jangan letakan brush secara tegak dengan kepala di atas karena bisa membuat air bilasan mengalir di antara lem antara handle dan bristle sehingga dapat  merusak brush kamu.

Step 6: Tunggu brush kamu mengering, pastikan brush yang kamu jemur jauh dari panas seperti kompor dan lainnya ya!

And.....voila! Your brushes are ready to do your make up flawlessly again!
 

Sekarang, kamu sudah tahu kan bagaimana cara membersihkan brush yang benar? Sebenarnya, mencuci brush itu simpel dan sederhana kok. Kamu juga nggak perlu repot untuk membeli egg brush atau alat lainnya di toko kecantikan untuk menjaga agar brush kamu tetap bersih. Bersihkan daily brushes-mu paling tidak seminggu sekali ya Beautynesian, agar koleksi brush favoritmu bisa bertahan lama. Selamat mencoba!