Bagi kamu yang belum tahu, ternyata selama ini terdapat color wheel theory yang menjelaskan bahwa antara satu warna dan lainnya dapat saling menetralisir lho. Misalnya kamu ingin menyamarkan warna merah, kamu bisa memberikan warna disebrangnya (hijau). Nah, begitu pula cara kerja color correcting concealer, kamu dapat menutupi kelemahan atau noda di wajahmu dengan mengaplikasikan warna "lawan"-nya. Masih belum jelas? Yuk, lihat selengkapnya di bawah ini!

source: http://journal.sociolla.com/beauty-guide/warna-warna-concealer-dan-fungsinya


 

1. Hijau

Kamu punya masalah kulit seperti kemerahan di sekitar wajah? Seperti yang bisa kamu lihat di color wheel, lawan dari warna merah adalah hijau. Coba gunakan concealer berwarna hijau untuk meredakan kemerahan pada wajah. Kemudian, lanjutkan menggunakan concealer dengan warna yang senada dengan warna kulit untuk menyempurnakan penampilan. Kemerahan di wajahmu dijamin akan tersamarkan!

source: http://english.alarabiya.net/en/life-style/fashion-and-beauty/2015/08/11/Got-dark-circles-redness-or-acne-Here-s-how-to-color-correct-like-a-pro.html


 

baca juga

2. Ungu

Warna concealer ini cocok untuk mengatasi wajah yang terlihat kusam dan lelah. Melihat dari color wheel theory di atas concealer ungu dapat menangkal warna kuning wajah yang seringkali membuat wajah terlihat kusam dan lelah. Cukup gunakan secara tipis-tipis saja pada bagian wajah yang ingin kamu samarkan lalu blend dengan concealer yang sesuai dengan warna kulitmu.

source: https://theblondeshell.com/2014/04/17/color-correcting-concealers/


 

3. Pink

Seperti yang tertera pada color wheel, warna pink dapat menetralisir daerah yang kebiruan ataupun gelap sehingga lebih cerah. Karena itu, kamu bisa gunakan concealer warna pink untuk mencerahkan daerah bawah mata yang berwarna kebiruan ataupun yang menghitam. Easy right?

source: https://theblondeshell.com/2014/04/17/color-correcting-concealers/
baca juga

4. Kuning

Concealer kuning dapat melawan warna kulit yang lebih keunguan seperti kulit yang membiru atau lebam. Bahkan concealer kuning juga bisa dimanfaatkan untuk eyeshadow base untuk kulit yang memiliki warm undertone lho. Eyeshadow-mu jadi lebih tahan lama dan rata, serta wajahmu akan terlihat flawless!
 

source: http://www.beautifulwithbrains.com/how-to-use-yellow-concealer/

5. Oranye

Memiliki lingkaran hitam di bawah mata? Coba samarkan dengan menggunakan concealer warna oranye. Tak perlu khawatir warna oranye bisa merubah warna kulit menjadi aneh, karena sebenarnya warna oranye bisa melawan warna yang lebih gelap. Pilih saja warna oranye yang lebih mendekati warna kulitmu!

source: http://verosworldxespanol.blogspot.co.id/2015/03/paso-basico-color-de-correctores.html

Perlu diperhatikan bahwa setiap color correcting membutuhkan concealer warna coklat sebagai finishing. Jadi, setelah menggunakan color correcting, tambahkan kembali dengan concealer coklat agar warna lebih menyatu dengan kulit. Kamu juga bisa menggunakan bedak agar makeup lebih terlihat natural dan tahan lama!

Good luck!