Kenapa kamu mesti berolahraga meski ketika "tamu bulanan" datang? Sebab, olahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang bisa meredakan efek sakit atau analgesia. Hormon ini juga mampu mempercepat menghilangkan prostatglandin yang seringkali menyebabkan kontraksi otot saat haid. Oleh karena itu lakukan beberapa olahraga berikut untuk mengurangi nyeri saat menstruasi.


 

1. Jogging

Jogging dapat meningkatkan keseimbangan hormon yang mempengaruhi kesehatan saat menstruasi. Hormon endorfin akan dilepaskan saat jogging sehingga mampu mengatasi mood yang tidak stabil. Gerakan lari kecil ini juga dapat meningakatkan denyut jantung serta melancarkan sirkulasi darah sehingga suplai darah dan oksigen ke rahim menjadi lebih lancar. Keadaan ini akan membuat rasa nyeri saat menstruasi berkurang. Jangan lupa juga untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih baik sebelum, saat dan setelah jogging
 

source: http://manfaatsehat.id/cara-mengecilkan-paha-secara-alami/


 

baca juga

2. Yoga

Yoga dapat membantu menghilangkan stress dan memicu relaksasi. Namun hindari beberapa pose seperti inversions dan non supported back bends. Gerakan yoga tersebut sangat bertentangan dengan aliran alami tubuh terutama saat menstruasi. Biasanya yang dianjurkan pose restorative seperti pose yang bisa memberikan ketenangan. Olahraga ini juga sangat dianjurkan karena latihan pernapasan pada yoga bisa membuat suasana pikiran lebih tenang. 
 

source: http://www.prevention.com/fitness/6-restorative-yoga-poses


 

3. Aerobik

Secara umum latihan aerobik sangat baik untuk kesehatan dan mengoptimalkan kemampuan oksigen. Olahraga ini juga baik untuk kesehatan jantung. Aerobik juga bisa menjadi cara untuk mengatur mood yang tidak seimbang. Melakukan aerobik selama 20 menit dapat meningkatkan oksigen pada tubuh sehingga energi juga akan ikut meningkat. 
 

source: http://caraturunkanberatbadan.com/senam-aerobik/


 

baca juga

4. Pilates

Pilates berfokus untuk mengencangkan otot inti (sekitar perut, pinggang dan pinggul) lho. Nah, dengan melakukan gerakan pilates seperti latihan otot dasar pinggul, kamu dapat mengurangi nyeri menstruasi. Selain menjaga keseimbangan otot perut, pilates juga dapat membantu meningkatkan energi sehingga suplai oksigen meningkat. 

source: http://www.futurefit.co.uk/pilates/diplomas/


 

5. Jalan Cepat

Latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah yang disarankan untuk mengurangi kram perut yaitu jalan cepat. Gerakan ini akan membantu membentuk otot dan meningakatkan detak jantung. Kamu bisa melakukan olahraga ini selama 30 menit di sekitar rumah. Olahraga ini terkesan ringan dan bisa kamu lakukan terutama saat menstruasi. Jalan cepat juga mampu meningkatkan kebugaran tubuh. 

source: http://www.alodokter.com/biasakan-jalan-cepat-dari-sekarang-karena-manfaatnya-luar-biasa

Perlu diperhatikan sebaiknya olahraga tidak dilakukan secara berlebihan. Selain itu olahraga yang membebani diri sendiri juga tidak dianjurkan lho, Beautynesian!