Apa itu BB Cream?


source: https://www.birchbox.com/magazine/article/what-are-bb-creams


To start things out, mari kita bahas BB cream terlebih dahulu. Mungkin para beauty enthusiast sudah khatam dengan definisi dan fungsi dari BB cream, tapi buat kamu yang belum tahu, BB cream itu merupakan kependekan dari blemish balm atau beauty balm. Produk kecantikan satu ini bisa memberikan coverage dari mulai sheer hingga medium, dan sangat ideal digunakan untuk makeup sehari-hari. Tapi, fungsi BB cream ternyata tidak hanya itu saja lho. Di dalam BB cream juga terkandung berbagai manfaat dari skin care, dari mulai SPF, vitamin, antioksidan, hidrasi, shine control, dan beberapa BB cream seperti Maybelline Dream Pure BB Cream 8in1 bahkan bisa membantu mencerahkan kulitmu. Jadi, bisa dibilang BB cream merupakan beauty kit yang tepat buat kamu yang mencari medium coverage dengan formula yang ringan dan bisa memperbaiki kondisi kulit. 


 


Lalu, Apa Bedanya dengan Foundation?


source: https://www.birchbox.com/magazine/article/the-4-greatest-beauty-matchups-of-all-time


Here is the frequently asked question, jadi apa yang membuatnya berbeda dengan foundationBasically, foundation memberikan coverage yang lebih baik dibandingkan BB cream. So, if it's all about coverage that you are looking for, foundation is the winner. Foundation bisa menutupi seluruh kekurangan di wajahmu, dari mulai pori-pori besar, bekas jerawat, bahkan flek hitam yang terlihat nyata. Apalagi, saat ini foundation sudah hadir dalam banyak jenis formula dan juga shade sehingga pilihan untuk berbagai tipe dan warna kulit bisa lebih banyak. 

Meanwhile, kebanyakan BB cream diciptakan hanya dengan formula yang creamy, sehingga mungkin bisa menjadi drawback untuk kulit berminyak. Tapi, thankfully, beberapa BB cream sudah ada yang memformulasikan produknya dengan matte finish dan oil control, jadi lebih aman untuk kulit berminyak. 
 

baca juga


Untuk Kulit Berjerawat, Bagusan yang Mana?



It all depends on what you need the most. Kalau kamu memiliki kulit berjerawat dan mencari produk yang bisa menyamarkannya (meskipun secara tipis) sekaligus menutrisi kulit berjerawatmu dengan manfaat skin care, maka kamu bisa memilih BB Cream. Tapi, kalau kamu butuh coverage yang lebih baik untuk menutupi jerawatmu ketika menghadiri acara penting, then pilihlah foundation. Tapi, menutupi jerawat dengan foundation terlalu lama juga tidak bagus karena bisa menutup pori-pori dan bisa membuat jerawatmu lebih lama sembuhnya. Juga, kamu tidak boleh lupa untuk memastikan bahwa foundation-mu sudah benar-benar bersih ketika kamu membersihkannya agar tidak ada residu yang menyumbat pori-pori. 
 


Lalu, Bagaimana untuk Kulit Kering?



Jika kamu memiliki kulit yang super kering dan selalu membutuhkan hidrasi, maka BB cream dengan formula yang menghidrasi bisa menjadi pilihan terbaikmu. Belum lagi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, BB cream juga diperkaya dengan manfaat lainnya seperti antioksidan dan vitamin yang diperlukan oleh kulit kering. Tapi kalau kamu terpaksa menggunakan foundation, sebaiknya pilih yang water-based dengan kandungan mineral yang tinggi untuk menghidrasi kulit keringmu. 

So, what's your choice, Beautynesian?