1. Gyros

Alias kebab versi Yunani ini merupakan roti yang berisikan irisan daging kambing panggang yang dipadu dengan tomat, bawang dan tentunya saus yogurt khas Yunani. Biasanya disajikan dengan kentang goreng.
source: http://www.tastespotting.com/tag/gyros

2. Tzatziki

Bisa disajikan sebagai makanan pembuka ataupun saus celupan, tzatziki menggunakan yoghurt Yunani sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan bawang putih, lemon, ketimun, minyak zaitun dan sedikit garam. Biasanya disajikan dengan roti pita hangat sebagai pendamping.
source: http://illegalhit.com/2013/08/03/gameday-grub-prepare-thy-dips/

3. Moussaka

Terlihat seperti lasagna? Bukan! Moussaka adalah tumpukan terong yang dimasak dengan daging cincang, tomat dan bumbu lainnya kemudian dilapisi keju dan dipanggang. Wah, kedengarannya enak sekali!
source: http://www.booths.co.uk/recipe/traditional-greek-moussaka/

4. Dolmathakia

Masakan ini terdiri dari daun anggur yang diisi nasi, kacang-kacangan dan tanaman herbal. Peras air lemon di atasnya sebelum memakannya atau kamu juga bisa mencelupkannya pada dressing.
source: http://www.kitchme.com/the-dish/easy-classic-greek-food-recipe/

5. Courgette Balls

Makanan yang satu ini terbuat dari courgette, sejenis zucchini yang dilumatkan hingga halus dengan bumbu-bumbu kemudian digoreng. Biasanya dimakan bersamaan dengan tzatziki sebagai makanan pembuka.
source: http://www.closetcooking.com/2009/09/kolokythokeftedes-zucchini-and-feta.html

6. Fasolatha

Merupakan sup klasik yang dibuat dari kacang-kacangan dan sering disajikan sebagai salah satu masakan rumahan di Yunani. Cocok dimakan hangat-hangat terutama saat musim dingin.
source: http://www.hogarutil.com/comunidad/cocina/recetas/sopas-cremas/201403/sopa-griego-fasolatha-7373.html

7. Spanakopitha

Tidak lengkap rasanya kalau tidak menyebutkan makanan khas Yunani yang juga menggunakan keju feta, keju susu kambing khas dari Yunani. Pie ini menggunakan isian bayam dan keju feta yang sangat cocok untuk menu vegetarian.
source: http://www.aww.com.au/food/recipes/2011/5/lamb-spanakopita/

8. Baklava

Orang Mediterrania suka makan makanan penutup yang terbuat dari adonan filo, sejenis layer pastry yang tipis. Salah satunya Baklava yang menggunakan adonan tersebut dan mengisinya dengan isian kacang yang dicampur kayu manis, madu atau sirup manis. Baklava juga merupakan makanan penutup khas Turki, lho.
source: http://www.greek-islands.us/greek-recipes/baklava/

Tertarik untuk mencobanya?