Museum Tekstil

Museum ini terletak di daerah Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Di tempat ini disimpan berbagai koleksi kain dan batik yang menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia.
source: http://studyclubkimia.blogspot.com
source: http://edukasi.kompasiana.com/2013/07/11/ayo-belajar-membuat-batik-di-museum-tekstil-indonesia-575907.html
Di museum ini anak-anak dapat ikut serta melibatkan dirinya dalam rangka mengemban misi melestarikan budaya tekstil tradisional Indonesia. Dengan demikian anak-anak kita dapat menjadi agen perubahan bagi lestarinya warisan budaya bangsa yang tak ternilai harganya. Salah satu warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan adalah batik.
source: http://edukasi.kompasiana.com/2013/07/11/ayo-belajar-membuat-batik-di-museum-tekstil-indonesia-575907.html

Museum Batik Yogyakarta

source: http://www.museumbatik.com/
Museum batik Yogyakarta didirikan pada tanggal 12 Mei 1977 atas prakarsa keluarga Hadi Nugroho dan terletak di Jl. Dr. Sutomo No. 13 A Yogyakarta. Koleksi Batik yang ada di Museum ini sangat lengkap. Berbagai jenis batik dari berbagai daerah di Indonesia ada di sini, mulai dari Batik Yogyakarta, Indramayu, sampai daerah-daerah pengrajin Batik Indonesia lainnya. Koleksinya meliputi kain panjang, sarung dan sebagainya yang hingga kini telah mencapai jumlah 400 lembar kain ditambah beberapa peralatan membatik. Koleksi tertuanya adalah batik karya tahun 1700- an dan termuda adalah koleksi kain batik yang dibuat pada 1960.
source: http://batikkirani.blogspot.com/2013/01/museum-batik-di-indonesia.html

Museum Batik Danar Hadi Solo

source: https://www.selasar.com
Museum batik Danar Hadi Solo berdiri atas prakarsa Haji Santosa Doellah yang juga pemilik usaha Batik Danarhadi. Didorong oleh kecintaannya terhadap batik beliau mengumpullkan batik dari seluruh penjuru negeri. Hingga kini koleksinya sudah mencapai lebih dari sepuluh ribu lembar kain batik kuno, 600 di antaranya dipamerkan di Museum Batik Danarhadi.

Museum ini Diresmikan oleh Ibu Megawati Sukarno Putri pada tanggal 20 Oktober 2000, dengan nama "Galeri Batik Kuno Danar Hadi" saat ini berubah namanya menjadi "Museum Batik Danar Hadi". Walaupun sebenarnya perusahaan Danar Hadi sendiri sudah berdiri sejak tahun 1967.
source: http://batikkirani.blogspot.com/2013/01/museum-batik-di-indonesia.html

Museum Batik Pekalongan

source: http://travelblog.ticktab.com
Museum Batik Nasional di Kota Pekalongan yang berdiri pada tanggal 12 Juli tahun 2006. Museum ini sebenarnya sudah cukup lama berdiri, yakni tahun 1972. Pemrakarsa awal pendiriannya waktu itu adalah masyarakat pembatik di Pekalongan yang menginginkan agar ada sebuah museum sebagai penunjang kota, alasannya karena banyaknya hasil produksi batik dengan ragam corak sekaligus batik menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat. Dan akhirnya pada tanggal 12 Juli 1972 diwujudkan pendirian museum batik pekalongan, yang berlokasi diujung jalan sebelah selatan kawasan Taman Hiburan Rakyat (THR) Gedung Bintang Merdeka yang sekarang lokasinya berada di kawasan Pos penjaga polisi Jalan Resimen XVII. Karena letak museum yang rawan akan tindak kejahatan. Maka pada tahun 1990 pemerintah daerah mengambil langkah melakukan pembenahan dengan memindahkan Museum Batik ke Jalan Majapahit no 7A yang berada di kompleks perkantoran baru Pemda Kota Pekalongan.
source: http://batikkirani.blogspot.com/2013/01/museum-batik-di-indonesia.html