Ketahui Size dan Shape yang Tepat


source: http://www.makeupbyjoyce.com/2016_05_01_archive.html


Ukuran dan bentuk makeup sponge bervariasi tergantung fungsi dan kegunaannya. Sponge yang besar dan bulat cocok digunakan untuk mengaplikasikan makeup dengan formula creamy, seperti tinted moisturizer, BB dan CC cream, foundation, dan bahkan cream blush. Sedangkan makeup sponge yang lebih kecil biasanya digunakan untuk mengaplikasikan makeup yang membutuhkan presisi lebih baik seperti di area bawah mata dan juga noda hitam dan bekas jerawat.
 


Cara Menggunakan Makeup Sponge yang Benar


source: http://mugeek.vidalondon.net/how-to-use-makeup-sponge-for-foundation/


Step 1: Sebelum mulai mengaplikasikan makeup-mu, basahi atau celupkan makeup sponge-mu hingga benar-benar basah dan peras hingga tidak ada air yang tersisa. 

Step 2: Tuangkan sedikit formula liquid foundation di punggung tanganmu. Setelah itu, totol-totolkan menggunakan makeup sponge pada bagian bulat besar dan mulai aplikasikan ke wajahmu. Untuk teknik pengaplikasikannya, jangan pernah menyapukan foundation ke seluruh wajah ya. Tapi sebaiknya, dab atau totolkan dan tepuk-tepuk secara lembut menggunakan makeup sponge hingga benar-benar merata. Teknik dabbing ini juga berlaku ketika mengaplikasikan concealer dan cream blush ya, jadi jangan menggosokkannya ke kulit, tetapi totolkan hingga merata. 
 

baca juga


Cara Membersihkan Makeup Sponge yang Benar


source: http://www.fairleigh.co.uk/how-i-clean-my-makeup-tools/


Untuk membersihkan makeup sponge, ada cairan khususnya yang bisa kamu temukan di drugstore dan supermarket. Tapi kalau ingin lebih hemat, kamu bisa kok membersihkannya dengan air hangat dan shampoo bayi. Celupkan makeup sponge yang kotor di dalam air shampoo bayi tersebut dan pijat-pijat sponge-nya secara lembut hingga residu makeup-nya bersih. Jika sudah bersih, keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara menggulungkannya di atas handuk dan kemudian diamkan di atas handuk bersih hingga kering. Bersihkan makeup sponge minimal seminggu sekali dan ganti makeup sponge-mu beberapa kali sebulan tergantung dengan seberapa sering kamu menggunakannya.