source: http://www.teen.com/2015/01/01/random-stuff/oily-skin-face-struggles-problems-gifs/

 

1. Disiplin dalam Membersihkan Wajah

Untuk kulit wajah yang berminyak, sebaiknya disiplinlah dalam membersihkan wajah minimal 2 kali sehari, di pagi dan malam hari. Sebaiknya gunakan sabun pembersih wajah yang alami tanpa kandungan bahan kimia, sebab sabun yang mengandung banyak bahan kimia bisa mengeringkan dan menghilangkan minyak di wajah, yang pada akhirnya akan membuat kulit wajah semakin buruk. Minyak tetap diperlukan agar kelembaban wajah tetap terjaga. Bisa juga memakai sabun wajah yang bebas sabun (non soap formula) dan ber-pH netral rendah. Selain sabun, sesekali kamu juga bisa menggunakan buah-buahan untuk membersihkan kelebihan minyak di wajahmu. Beberapa buah yang dianggap bagus untuk perawatan kulit berminyak antara lain: tomat, strawberry, anggur, kiwi, mentimun. Kamu bisa mengolahnya menjadi masker wajah atau hanya memotongnya kecil dan menggosokkannya di wajah.


 

baca juga

2. Memakai Pelembap

Pelembap akan membantu dalam menyeimbangkan kulit, dan membuat makeup bertahan lebih lama. Sebaiknya pakailah pelembap dengan kandungan UV Protection serta non-comedogenic untuk aktifitas di luar ruangan. Lalu di malam hari, kamu bisa memakai pelembap berupa krim atau gel yang water based supaya kelembapan kulit tetap terjaga dan tidak mengeluarkan minyak berlebih.


 

3. Memakai Makeup Bebas Minyak

Sebelum merias wajah, kamu bisa memakai toner atau primer yang oil free untuk membantu memperbaiki tekstur wajah. Setelah itu baru gunakan foundation dengan kandungan yang sama. Untuk sentuhan akhir, pakailah bedak, baik itu loose powder atau pressed powder dengan menggunakan brush, dan aplikasikan agak ekstra pada area t-zone di wajah. Dengan begitu, wajahmu akan bebas kilap dan nampak segar sepanjang hari.


 

baca juga

4. Menyiapkan Kertas Minyak

Saat beraktivitas di luar ruangan, wajahmu pasti akan berminyak lebih cepat. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas minyak untuk membersihkan kilapan minyak di wajahmu setelah beberapa jam. Pilihlah yang tidak beraroma (non perfume). Namun jika ingin berhemat, kamu bisa menggunakan tisu untuk menyeka minyak di t-zone.


 

5. Memakai Masker Wajah

Penggunaan masker wajah sangat dianjurkan untuk kulit yang lebih mudah berminyak. Dalam hal ini, masker alami berbahan tanah liat atau lumpur (mud mask) sangat baik dalam mengontrol kelebihan minyak di wajah. Kamu bisa menerapkannya 1 - 2 kali seminggu untuk menyerap kelebihan minyak sekaligus membersihkan pori-pori di wajah. 


 

6. Konsumsi Makanan Sehat

Tidak bisa dipungkiri jika asupan makanan juga berperan terhadap tampilan kulit wajahmu. Jika kulitmu berminyak sebaiknya hindari konsumsi makanan yang terlalu banyak minyak atau berlemak seperti gorengan, pizza, dan junk food lainnya. Sebab, makanan ini dapat memicu sebum atau minyak berlebih. Beralihlah dengan mengonsumsi makanan sehat dan segar seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan yang kaya kandungan vitamin C, serta rutin minum air putih minimal 8 - 10 gelas per hari.

Dengan melakukan tips di atas ini, dijamin makeup-mu akan stay matte di wajah lebih lama, karena minyak berlebih di wajahmu juga sudah teratasi. Good luck!
 


 

source: http://chroniclesofher.com/2013/09/gif-tutorial-my-5-step-process-for/