Normal Skin


Permasalahan Kulit:

Lucky you kalau kamu memiliki tipe kulit normal. Kamu sudah seharusnya bersyukur karena tipe kulit ini merupakan jenis kulit yang jarang mengalami permasalahan kulit. 


Cara Mengatasinya:

Untuk jenis kulit normal tidak ada banyak hal yang perlu kamu lakukan. Kamu hanya perlu rajin membersihkan wajahmu dari kotoran dan makeup dengan cleanser untuk menjaga kulitmu agar tetap bersih sehingga tidak muncul permasalahan kulit yang tidak diinginkan. 


Jenis Cleanser Terbaik untuk Kulit Normal:

Lagi-lagi, pemilik kulit normal sangat beruntung karena kamu bisa memilih jenis cleanser apapun sesuai preference kamu. Asalkan, cleanser tersebut tidak memiliki formula yang keras untuk kulit. 
 


Oily Skin



Permasalahan Kulit:

Basically, permasalahan kulit berminyak muncul karena kelenjar minyak yang terdapat di bawah kulit memproduksi minyak lebih banyak untuk menjaga kulit tetap lembap. And this is where things start to go wrong. Karena merasa kulitmu terlalu berminyak (which is really not and is supposed to be okay), kamu tergoda untuk menggunakan cleanser dengan bahan yang keras dan bisa melenyapkan minyak secara instan. Tanpa menyadarinya, bukannya menghilangkan minyak pada wajah, kamu malah membuat kulitmu semakin kering dan akan memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Ugh, that's bad!


Cara Mengatasinya:

Kamu membutuhkan cleanser yang bisa membersihkan minyak untuk menghilangkan rasa greasy, tapi tidak membuat kulit menjadi kering. Pilih cleanser dengan formula yang lightweight dengan kandungan surfactant yang cukup tinggi (tapi tidak berlebihan karena bisa membuat kulit menjadi kering), dan emollients yang rendah karena basically emollient berfungsi untuk membuat kulit menjadi ekstra lembap. Not to mention, emollient akan meninggalkan residu dan menyumbat pori-pori. 


Jenis Cleanser Terbaik untuk Kulit Berminyak:
 

  • Foaming cleanser. 

 
baca juga


Dry Skin



Permasalahan Kulit:

Kebanyakan cleanser terlalu keras untuk jenis kulit ini dan bisa menghapus semua minyak pada wajahmu. Padahal, kulit wajah keringmu sendiri tidak memproduksi banyak sebum, dan kalau dibersihkan dengan cleanser yang keras, otomatis kulitmu akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.


Cara Mengatasinya:

Gunakan cleanser yang tinggi akan emollient dan kandungan surfactant yang rendah. Emollient ini akan menghidrasi kulitmu lebih optimal lagi sehingga kulit wajahmu yang kering bisa menjadi lembap. 


Jenis Cleanser Terbaik untuk Kulit Kering:

  • Cleansing milk
  • Cleansing balm
  • Cleansing oil

 


Combination Skin



Permasalahan Kulit:

Ini dia jenis kulit yang paling kompleks. Di beberapa area wajah seperi area T-Zone dan dagu sangat berminyak dan greasy., sementara di bagian wajah lainnya benar-benar kering dan flaky. Karena itu, jenis kulit kombinasi cenderung sulit untuk menemukan cleanser yang tepat.


Cara Mengatasinya:

Mungkin kamu tidak akan menyukainya dan menganggap kalau solusi ini terlalu merepotkan untukmu. Tapi demi menjaga kulitmu agar tetap bersih dan tidak timbul masalah lainnya, kamu harus menggunakan dua jenis cleanser berbeda yang tentunya menyesuaikan kebutuhan masing-masing area kulitmu. Kamu bisa menggunakan cleanser yang mengandung emollients tinggi pada area kulit yang kering, dan cleanser dengan kadar emollient rendah untuk area kulit berminyak. 


Jenis Cleanser Terbaik untuk Kulit Kombinasi:

  • Cleansing milk (untuk area kulit yang kering)
  • Cleansing oil (untuk area kulit yang kering)
  • Cleansing balm (untuk area kulit yang kering)
  • Foaming cleanser (untuk area kulit berminyak)


 
baca juga


Sensitive Skin



Permasalahan Kulit:

Hampir semua jenis cleanser bisa membuat kulit sensitif menjadi iritasi, merah, dan juga kering. Jadi, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan cleanser yang benar-benar gentle. 


Cara Mengatasinya:

Pilih cleanser dengan formula yang paling gentle. Pastikan juga bahwa cleanser-mu itu bebas dari fragrance karena bisa meyebabkan iritasi jika digunakan pada kulit yang sensitif.


Jenis Cleanser Terbaik untuk Kulit Sensitif:

  • Micellar water.