source: http://www.self.com/story/how-to-wear-concealer

1. Menggunakan Warna Concealer yang Salah


Shade concealer haruslah setingkat di atas warna foundation yang kamu miliki. Hal ini agar concealer dapat mengurangi diskolorasi gelap pada wajahmu. Ingat ya, jangan pilih warna concealer yang terlalu terang. A quick tips, jika kamu terlanjur membeli eyeshadow yang terlalu terang, kamu bisa menambahkan sedikit foundation-mu dan mencampurnya untuk mendapatkan shade yang sedikit gelap. Selain itu, jika kamu mempelajari penggunaan color correcting concealer, make sure kamu menggunakan warna yang tepat sesuai dengan permasalahanmu. 

baca juga

2. Salah Langkah Mengaplikasikan Concealer


Sebelum mengggunakan concealer, gunakan foundation pada wajahmu terlebih dahulu. Sebab, hal ini membuat concealer lebih mudah nge-blend dan membaur merata pada kulit. Sehingga, kamu dapat meminimalisir ketebelan make-up. Tapi, kamu boleh menggunakan concealer sebelum make-up jika untuk menutupi noda atau bekas luka. Tapi, pakainya tipis saja ya!
 

3. Mengoleskan Concealer di Area Wajah yang Salah


Mata panda memang bisa teratasi dengan singkat menggunakan concealer. Tapi cara penggunaannya pun harus kamu perhatikan. Jika selama ini kamu memulaskan concealer membentuk setengah lingkaran, cara tersebut rupanya tidak efektif untuk menutupi mata pandamu. Instead, buatlah segitiga terbalik mulai dari bagian bawah mata hingga tulang pipi. Hal ini tak hanya membuat wajah menjadi cerah, namun juga membuat pantulan alami wajah sehingga lebih glowy.

baca juga

4. Terlalu Banyak Menggunakan Concealer


Less is always more. Mengaplikasikan terlalu banyak concealer akan membuat crease yang tak diinginkan pada wajah. Apalagi jika wajah menjadi berminyak, concealer justru menumpuk dan membuat garis halus pada wajah makin tampak. Jika concealer tersebut tampak terlalu banyak, just blot with tissue. Atau, tumpuk beberapa drops eye cream dengan cotton swabs untuk menghapus kelebihan concealer.

5. Menggunakan Alat Blending yang Salah  


Blending concealer merupakan perihal yang sama krusialnya dengan blending foundation. Sehingga, kamu juga membutuhkan alat blending yang tepat agar concealer dapat nge-blend secara merata. Menggunakan jari sangat tidak disarankan, sebab hangat dari jari membuatnya tidak ideal untuk mem-blending concealer. Yap, selalu gunakan sponge untuk blending concealer ya!

6. Kebanyakan Menumpuk Setting Powder


Last but not least, menggunakan setting powder di atas concealer dapat membuat wajah menjadi cakey dan membentuk garis halus wajah. Sometimes, setting powder dapat membuat concealer lebih stay dan tahan lama. Namun hal tersebut hanya berlaku bagi kulit wajah yang masih muda. Sebaiknya, bubuhkan sedikit bedak di atas concealer sebelum menutupi concealer