1. Alkohol

Sudah banyak artikel yang menyebutkan bahwa alkohol dapat merusak hati. Organ hati yang berfungsi dengan baik dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bila Hati mengalami kerusakan tentunya kinerjanya tidak maksimal dalam mengeluarkan racun. Tak hanya itu saja mengkonsumsi alkohol berlebihan membuat cairan tubuh berkurang sehingga menyebabkan keriput, kekurangan kolagen, kemerahan dan bengkak. 
 

source: https://cdn.pixabay.com

2. Makanan Mengandung Garam

Selama ini mungkin kamu memasukkan garam pada makanan dalam jumlah sedikit. Namun, makanan yang diawetkan dengan sodium seperti makanan kaleng memiliki kadar garam tinggi. Garam membuat tubuh dehidrasi sehingga membuat tubuh lelah dan cepat tua. Kelebihan garam juga mempengaruhi penurunan jumlah kolagen, terutama di kulit yang tipis seperti di sekitar mata. 
 

source: http://news.lewatmana.com/waspadai-hipertensi-hindari-8-makanan-ini/
<baca juga>

3. Kopi

Tak bisa dipungkiri kopi mengandung kafein yang membuat tubuh mudah terhidrasi. Keadaan ini membuat seseorang mengalami kelelahan dan lesu. Kulit jadi terlihat kusam dan cepat tua. Kafein juga bisa meninggalkan noda pada gigi. Bila kamu termasuk penggemar kopi coba gunakan pelembap mengandung asam hyaluronic atau pelembab super untuk mengembalikan kelembaban tubuh. 
 

source: http://manfaat.co.id/manfaat-kopi

4. Permen

Kandungan gula yang tinggi membuat kulit keriput dan terlihat lebih tua. Gula yang masuk ke tubuh secara berlebihan akan bergabung dengan protein yang menciptakan advanced glycation end products (AGES). AGES akan merusak kolagen yang merupakan protein yanga dapat membuat kulit kencang. Bila kolagen rusak kulit akan kehilangkan elastisitas sehingga membuatnya kendur atau mengalami keriput. 
 

source: http://www.ebay.com/gds/Top-10-Lollipops-/10000000204825694/g.html
<baca juga>

5. Lemak Trans

Merupakan minyak yang diolah melalui proses hidrogenesis parsial (menambahkan hydrogen). Biasanya terdapat pada makanan cepat saji, makanan beku, margarin dan snack kemasan. Lemak trans yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah. Keadaan ini tak hanya bisa mengakibatkan peningkatan kolesterol dan penyakit jantung tapi juga berefek buruk pada kulit. Lemak trans yang berlebihan dapat menghilangkan elastisitas kulit akibat penyumbatan. Lemak yang tidak sehat membuat kulit rentan terhadap sinar ultraviolet yang menjadi penyebab penuaan. Sebaiknya hindari produk minyak yang terhidrogenasi parsial (partially hydrogenated) yang tertera pada label. 

source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com