1. Bentuk Persegi Panjang

Ciri-cirinya memiliki lebar bagian dada dan pinggul yang seimbang. Tidak memiliki lekuk tubuh dan garis pinggang yang jelas. Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna kamu bisa memilih busana yang mampu membentuk pinggang atau membingkai tubuh dengan busana yang tegas. Bagian terbaik yang dimiliki bentuk tubuh persegi panjang adalah betisnya.
Model yang cocok dengan bentu persegi panjang yaitu tube type dress. Dimana busana tersebut dapat menyeimbangkan bagian dada dan pinggul. Bila perlu tambahkan ikat pinggang agar terlihat lebih berlekuk dan berisi. Bisa juga menggunakan coat panjang dengan detail berstruktur geometris yang dipadukan dengan ikat pingang.

source: http://www.oasap.com/coats/60969-fashion-plaid-button-down-belted-coat.html


 

baca juga

2. Bentuk Pir

Disebut juga dengan bentuk tubuh segitiga. Cirinya bagian bawah tubuh seperti pinggul, bokong dan paha lebih besar daripada bagian dada. Bentuk tubuh ini memiliki kelebihan memiliki bagian pundak dan lengan yang indah. Untuk itu kamu perlu menyeimbangkan bagian atas dengan cara memberikan kesan lebih bervolume agar terbetuk proporsi tubuh jam pasir. Pilih atasan yang dimodifikasi, ramai dan warna yang cerah. Baju atasan dengan bagian kerah yang lebih besar atau detail pada bagian bahu dan lengan bisa mengalihkan perhatian dari bagian pinggul yang besar. Sebaiknya hindari bagian celana atau rok yang terlalu ketat agar tidak mempertegas bentuk bokong. 

source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2304111/pakaian-untuk-tubuh-berbentuk-pear


 

3. Bentuk Jam Pasir

Bentuk tubuh ini bisa dikatakan paling ideal karena memiliki bentuk pinggul dan dada yang seimbang. Selain itu memiliki lekuk tubuh yang tegas dan kaki proposional yang mampu mengimbangi bentuk tubuh bagian atas. Kamu bisa memilih atasan yang menonjolkan bagian bahu. Bisa juga menggunakan bawahan seperti celana berpipa besar, celana boot cut dan flare bila ingin mengurangi bagian bawah yang besar. Bila ingin terlihat lebih feminim kamu bisa menggunakan rok A-line atau celana pensil. 

source: https://www.pinterest.com/chabloemen/mode/


 

baca juga

4. Bentuk Apel

Bentuk tubuh ini besar di bagian pinggang sehingga menyerupai bentuk apel. Sebaiknya gunakan busana yang dapat membentuk lekuk tubuh seperti menggunakan belt. Pilih pakaian yang memiliki ilusi bagian atas lebih panjang dan memperlihatkan kaki jenjang. Bila kamu memiliki tubuh kurus bisa menggunakan terusan minimalis agar bisa membentuk tubuh dengan baik. Pilihan yang paling tepat yaitu menggunakan jaket, blazer atau coat dengan struktur V-neck. Rok yang tidak terlalu panjang dapat menonjolkan bagian kakimu yang terlihat seksi. Hati-hati, hindari menggunakan detail yang terlalu mencolok di bagian pinggang yah. 

source: https://french.alibaba.com/product-detail/d61715t-2015-spring-and-autumn-new-style-womens-lace-wind-coat-1979644263.html


 

5. Bentuk Segitiga Terbalik

Cirinya memiliki bagian bahu dan dada yang lebih lebar daripada bagian pinggang. Mirip dengan bentuk tubuh atletis yang membesar di bagian bahu dan dada. Bentuk tubu segitiga terbalik bagian lekuk pinggang cenderung tidak terlihat. Gunakan atasan model clean cut tanpa detail. Untuk bawahan bisa menggunakan rok A line atau celana yang lebih bervolume. Bisa juga memakai regular cut atau celana yang lebih besar di bagian bawahnya. Sebaiknya hindari menggunakan bawahan yang menonjolkan lekuk kaki agar tidak terlihat semakin kecil. 

source: https://www.pinterest.com/explore/cute-skirts/

Tak perlu khawatir memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal, love your own body shape. Selama kamu memilih pakaian yang tepat dan sesuai, tentunya tubuhmu akan tetap cantik!