1. Naik Motor

Kendaraan roda dua yang satu ini memang menjadi moda transportasi pilihan banyak orang. Memang sih, motor lebih fleksibel untuk membelah kemacetan di kota besar, sehingga kamu pasti sering menggunakannya. Tanpa kamu sadari, naik motor di siang hari secara terus menerus akan membuat kulitmu menjadi belang.

Sebaiknya kenakan celana panjang dan baju lengan panjang atau jaket. Pakaian berwarna terang akan lebih baik karena akan sedikit menyerap dan memantulkan sinar matahari dibanding dengan warna gelap. Untuk punggung kaki, pakailah sepatu model tertutup seperti sepatu pantofel pendek dengan stocking atau kaus kaki pendek. Atau bisa juga kamu mengenakan sepatu kets untuk mengatasi kulitmu yang belang.

source: http://www.vemale.com

2. Kesiangan Berolah Raga

Olah raga memang baik bagi kesehatan. Mungkin sekali waktu kamu bangun kesiangan dan masih ingin berolah raga. Efek sengatan sinar matahari ini juga akan terasa setelah kamu sampai di rumah dan melihat warna kulitmu yang berbeda. Tetap lanjutkan olah ragamu, namun dengan waktu yang lebih singkat dari biasanya.

Cara menyiasatinya adalah dengan membersihkan tubuh ( setelah keringat kering dari tubuhmu ya ) dan mengolesi dengan lotion yang mengandung vitamin sesuai dengan jenis kulitmu.

source: http://lifestyle.liputan6.com
baca juga

3. Makan Siang

Saat jam makan siang tiba, pasti seru jika kamu pergi keluar makan bersama dengan beberapa teman. Banyak orang mencari penjual makanan yang dekat dengan kantor, sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Namun, pukul 12.00 siang matahari sedang bersinar paling terik. Mungkin kamu tidak terlalu merasakan, karena angin sepoi - sepoi yang berhembus menemani kamu ngobrol sepanjang jalan. Kulit akan terasa panas dan belang saat kamu kembali ke kantor.

Kamu dapat menggunakan payung agar sepanjang jalan kamu terhindari dari sengatan sinar matahari. Atau bisa juga kamu memutar jalan agak jauh sambil menikmati rindangnya pepohonan untuk sampai ke penjual makanan yang kamu inginkan.

source: https://pi.tedcdn.com/

4. Berenang

Waktu yang cocok untuk berenang adalah pagi hari di saat udara masih sejuk dan matahari juga belum tinggi. Akan tetapi seringkali tanpa kamu sadari, kamu masih tetap berada air ketika matahari sudah tinggi. Memang tidak terasa panas karena kamu berada di air yang sejuk secara terus menerus ditemani dengan hembusan angin. Saat kamu keluar dari air, barulah kamu merasakan kulit yang panas, kering dan belang.

Sebaiknya pakailah lotion atau tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 ( untuk daerah tropis ) agar kulitmu tetap terjaga kelembabannya. Selain itu, kamu juga harus segera mandi dengan air dingin dan sabun agar semua kaporit dan klorin yang menempel pada tubuh menjadi hilang.

source: https://www.merdeka.com
baca juga

5. Liburan Di Alam Terbuka

Keluar dari aktivitas yang padat dan berlibur dekat dengan alam adalah sesuatu yang harus dinikmati. Bersama keluarga atau sahabat, liburan tentu menyenangkan. Mendaki gunung, ke pantai, memancing di laut adalah pengalaman yang tak terlupakan. Ketika kamu menikmati liburanmu, tanpa sadar matahari sudah berada tepat di atas kepala. Sore hari saat mulai beristirahat, kamu akan menyadari bahwa kulitmu akan kasar, kemerahan atau bahkan belang.

Liburan harus tetap menyenangkan. Namun tambahkan beberapa tips berikut. Pakailah tabir surya yang mengandung nutrisi tinggi agar kulitmu tetap terawat dan lembab walau berada di siang terik. Jangan lupa pakailah topi . Saat sore hari, kamu dapat menggunakan lotion khusus yang mengandung bahan alami seperti lotion lidah buaya atau lotion yang mengandung madu.

source: http://lifestyle.okezone.com

6. Pemakaian Kosmetik Yang Tidak Tepat

Pemakaian kosmetik ( baik di wajah maupun di tangan dan kaki ) yang salah akan membuat warna kulit tidak merata. Perubahan ini terjadi sebagai bentuk sesitifitas kulit terhadap zat - zat yang terkandung di dalam kosmetik. Oleh sebab itu sebaiknya menggunakan kosmetik yang aman ( kandungan merkuri dapat merusak jaringan kulit ) dan sesuai dengan jenis kulitmu.

Rawatlah dan sayangilah kulitmu dengan minum air putih yang cukup, mencuci wajah wajah dan bagian tubuh lain dengan pelembab setiap hari sesuai jenis kulit agar kulit kembali cerah. Kamu juga dapat menambahkan olahraga pada aktivitas rutinmu setiap pagi serta rajin mengkonsumsi vitamin C dan E. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan kulit yang sehat alami tanpa belang.

source: http://www.infokesehatankulit.com