Bahan-Bahan Untuk DIY Facial Toner

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat DIY Facial toner ini sangat simple lho. Yang kamu butuhkan hanya apple cider vinegar atau cuka apel dan air bersih saja. Kamu bisa menambahkan brewed herbal tea atau essentials oil seperti lavender atau tea tree. Takaran yang kamu gunakan perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Berikut takaran yang tepat:

Kulit sensitif:
Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 4 sendok makan air bersih.

Kulit normal/kering:
Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok makan air bersih.

Kulit berminyak:
Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 1 sendok makan air bersih.
source: http://www.stylishlee.com/

Cara Membuat

Campurkan semua bahan (termasuk essentials oil jika kamu menggunakannya) pada gelas kaca atau plastik. Letakkan pada suhu ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari dan tidak perlu diletakkan di dalam kulkas.

Cara mengaplikasikannya juga sama seperti menggunakan facial toner pada umumnya. Kamu bisa mengoleskannya dengan kapas atau kamu masukkan ke dalam botol spray sehingga bisa kamu semprotkan pada wajah untuk menyegarkan kulitmu. Kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama tanpa harus mengeluarkan bujet berlebih.

source: http://www.theprairiehomestead.com/
baca juga

Manfaat Cuka Apel

 Cuka apel itu sendiri merupakan produk fermentasi yang terbuat dari apel dan bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Kelebihan lainnya adalah manfaatnya untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan jerawat dan bisa membuat kulitmu terserang infeksi. Jika digunakan secara rutin, cuka apel bahkan bisa menghilangkan bekas jerawat. Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, cuka apel merupakan salah satu teknik natural untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah tanpa membuat kulit menjadi kering.

source: https://www.organicfacts.net

Pentingnya menggunakan toner

Buat kamu yang sebelumnya jarang menggunakan facial toner, ini saatnya kamu mulai menggunakannya karena facial toner berperan penting pada kesehatan kulitmu. Facial toner sendiri sudah mulai dikenal sejak tahun 1930-an. Skincare yang satu ini bisa melindungi wajahmu dari bakteri yang menempel pada kulitmu setelah seharian beraktivitas. Ditambah lagi bakteri yang ikut menempel pada makeup, di sini toner berperan untuk mengangkat bakteri tersebut. Dengan menggunakan facial toner, kotoran pada wajahpun akan lebih mudah terangkat. 

source: https://www.davidwolfe.com

Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tentu saja kamu pasti ingin mencoba untuk membuat facial toner sendiri kan? Bahan yang dibeli juga sangat sedikit, sehingga kamu bisa lebih berhemat dalam mendapatkan perawatan wajah. DIY Facial Toner ini bakal seru dicoba untuk menghabiskan akhir pekan. Ajak juga teman-temanmu untuk melakukan DIY ini dan mulailah merawat wajahmu dengan rutin dan hemat. Selamat mencoba!