Penuaan Kulit dan Kulit Kering

Cara mengatasinya: Hidrasi dengan menggunakan kakao. Antioksidan yang terkandung dalam kakao atau cokelat dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit dan membuat kulitmu tampak lebih muda. "Saat kulit menua, lapisan kekebalan kulit melemah, mengakibatkan kekeringan," kata Jasmina Aganovic, pemilik produk perawatan kulit Bona Clara."Hidrasi adalah penyelamat kulit yang paling penting pada tahap ini."

Resep:
Campurkan 1 sdm coklat bubuk, 1 sdm krim asam, 1 sdm madu, dan sebutir putih telur. Oleskan pada wajah dan biarkan kering selama beberapa menit sebelum dibilas.

Krim asam merupakan bentuk asam laktat yang mampu menghidrasi sekaligus mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Sedangkan madu adalah humektan yang juga meningkatkan hidrasi, sementara protein dalam putih telur akan membantu mengencangkan kulit.

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/g527/diy-natural-skincare/?slide=1


 

Kulit Berminyak

Cara mengatasinya: Mengatur pH kulit dengan cuka apel yang memiliki kandungan asam alpha-hydroxy yang tinggi, serta menghilangkan kelebihan dan penumpukan minyak dengan gandum. Gandum mengandung saponin, pembersih alami yang kuat, menurut Aganovic.

Resep:
Campurkan 3 sdt gandum dan ¼ sdt cuka apel dalam mangkuk hingga membentuk pasta halus. Kemudian tambahkan ¼ sdm air jeruk lemon dan ½ sdm gula merah; aduk hingga tercampur rata. Oleskan pada kulit setelah dibersihkan dan diamkan selama 5-10 menit, agar memungkinkan bahan meresap hingga ke lapisan atas kulit. Kemudian gosok dengan gerakan memutar untuk mengeksfoliasi dan meningkatkan aliran darah. Bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk.
 

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/g527/diy-natural-skincare/?slide=3


 

baca juga

Kulit Rusak Akibat Lingkungan

Cara mengatasinya: Detoksifikasi wajahmu dengan masker berry dan lemon yang menenangkan. Antioksidan dalam blueberry dapat melindungi kamu dari radikal bebas dan memperbaiki kerusakan kulit, sedangkan vitamin C dari lemon akan membantu mencerahkan kulit, menurut Aganovic.

Resep:
Campurkan 1 sdm blueberry matang yang telah dihancurkan, 1 sdm jus lemon, 1 sdm jus mentimun, 2 sdm baking soda, dan 2 sdm air; oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat.
 


 

Kulit Meradang dan Rawan Berjerawat

Cara mengatasinya: "Masak teh putih untuk digunakan sebagai toner guna menenangkan kulit dengan kombinasi bahan-bahan Asia", tutur Jennifer Yen, pencipta Purlisse Skincare. 

Resep:
Campurkan 1 sdt daun teh peppermint, 4 sdt daun teh putih, 118 ml air, dan 2 tetes minyak lavender, kemudian rebus sebentar. Lalu tuangkan ke dalam wadah kaca untuk mendinginkan. Kombinasikan dengan gel lidah buaya secukupnya dan tuangkan ke botol semprot. Lalu kamu bisa menyimpan semprotan ini dalam kulkas sebelum disemprotkan ke wajah.

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/g527/diy-natural-skincare/?slide=7


 

baca juga

Keriput dan Tanda Penuaan

Cara mengatasinya: buat resep rahasia untuk kulit awet muda ialah terbuat dari pepaya segar, greek yoghurt, dan bahan-bahan bergizi lainnya. Asam alpha-hydroxy dalam pepaya berperan sebagai exfoliator alami; putih telur kaya akan protein dan membantu membangun kembali kulit serta mengencangkan pori-pori.

Resep:
Campurkan ½ pepaya segar (tanpa biji, dipotong dadu), 1 sdm greek yoghurt polos, 1 sdm teh putih (diseduh dan didinginkan), 1 sdm jus lemon segar, dan sebutir putih telur organik ke dalam blender (atau gunakan garpu saja) hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan leher; diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
 

source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/g527/diy-natural-skincare/?slide=10