Kayu Manis


source: http://healthylnb.com/healthandhappy/clean-the-body-from-sugar/


Untuk mengatasi masalah bau mulut, kamu mungkin bisa mengandalkan bahan alami satu ini. Kayu manis mengandung cinnamic aldehyde, sejenis minyak esensial yang tidak hanya menghilangkan bau mulut, tapi juga mampu mengurangi jumlah bakteri yang bersarang di mulut. 

Cara perawatan:

  • Rebus 1 sdt bubuk kayu manis dengan 250 ml air dan didihkan.
  • Kamu boleh menambahkan bay leaves ke dalam larutan ini.
  • Saring larutannya dan gunakan airnya sebagai mouthwash dan kumur-kumur minimal dua kali sehari dengan larutan kayu manis ini. 

 


Daun Peterseli



 

source: http://www.speedyremedies.com/parsley-benefits.html


Selain bisa digunakan sebagai garnish atau menambahkan aroma pada masakan, ternyata daun peterseli juga bisa menghilangkan masalah bau mulut lho. Di tiap lembar daun peterseli terkandung chlorophyll yang bisa menetralisir bau yang tidak sedap pada mulut. 

Cara perawatan:

  • Tanpa perlu repot-repot membuat resep DIY, kamu hanya perlu mengunyah daun peterseli untuk memerangi bakteri penyebab bau mulut. Kalau kamu merasa daunnya terlalu pahit, kamu bisa mencelupkan daun peterseli ini di dalam cuka apel untuk memberikan rasa dan baru kunyah hingga lembut.
  • Selain kedua cara itu, kamu juga bisa membuat jus peterseli setiap kali kamu merasa napasmu bau. Selain memerangi napas yang bau, jus peterseli ini juga bisa melancarkan sistem pencernaanmu lho. 

 
baca juga


Lemon


source: http://www.nutritionsecrets.com/15-lemon-hacks-cheat-sheet-better-health-lemons/


Menghilangkan bau mulut dengan air perasan jeruk lemon sudah sangat populer sejak lama. Asam yang terkandung di dalam jeruk lemon memiliki antibacterial properties sehingga mampu untuk membunuh kuman yang bersarang di mulut. Plus, wangi lemon yang segar juga bisa menetralisir bau mulut yang tidak sedap. 

Cara perawatan:

  • Campurkan 1 sdm perasan jeruk lemon dengan 250 ml air dan kumur-kumur menggunakan cairan lemon tersebut.
  • Kamu juga bisa menambahkan garam ke dalam resep DIY mouthwash ini. 
  • Perawatan lemon mouthwash ini juga bisa membantu menjaga mulutmu agar tidak kering karena mulut yang kering juga merupakan salah satu penyebab masalah bau mulut.

 


Cuka Apel


source: http://www.mindbodygreen.com/0-5875/15-Reasons-to-Use-Apple-Cider-Vinegar-Every-Day.html


Karena mampu mengurangi kadar pH, cuka apel menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai perawatan masalah bau mulut. Selain itu, cuka apel juga memiliki rasa yang cukup friendly di lidah dibandingkan bahan alami lainnya sehingga kamu bisa memilih cuka apel kalau kamu memiliki lidah yang sensitif. 

Cara perawatan:

  • Campurkan cuka apel dengan satu gelas air matang dan minum larutan ini sebelum makan. 
  • Selain menetralisir bau mulut, cuka apel juga mampu membantu melancarkan sistem pencernaan sama seperti daun peterseli.
  • Jika kamu tidak ingin meminum cuka apel, kamu bisa mencampurkannya dengan air biasa dan menjadikannya sebagai mouthwash.

 
baca juga


Baking Soda


source: http://www.healthyfoodhouse.com/how-to-use-baking-soda-to-clean-face-skin-clean-your-hair-whiten-your-teeth/


Terakhir, kamu bisa mencoba menggunakan baking soda untuk merawat masalah bau mulut yang melanda. Baking soda dapat membantu menyeimbangkan kadar asam pada mulut yang sangat berpengaruh pada bau mulut. Plus, baking soda juga mampu memerangi bakteri penyebab bau mulut. 

Cara perawatan:

  • Campurkan 1/2 sdt baking soda dengan 1 gelas air hangat, dan kumur-kumur menggunakan larutan ini satu kali sehari. 
  • Menggosok gigi dengan baking soda juga bisa membantu mengatasi bau pada mulut dengan mengurangi asam mulut dan mencegah bakteri untuk berkembang.